Gubernur Ganjar Pranowo Pantau Persiapan Pilkada di Batang

Gubernur Pranowo mengadakan audiensi di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Batang

Batang - Selasa (14/2), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan kerja dalam rangka memantau persiapan Kabupaten Batang dalam pelaksanaan pemilihan kepalan daerah. Gubernur Pranowo mengadakan audiensi di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Batang. Audiensi dihadiri Forkominda Kabupaten Batang, KPUD Batang, Plt Bupati Batang Nasikhin, beberapa pimpinan Perangkat Daerah Provinsi Jawa Tengah dan awak media. Roadshow pemantauan ini dilakukan gubernur di tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah yang melaksanakan pilkada pada 15 Februari 2017.

"Ada tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah yang melaksnakan pemilihan kepala daerah esok hari. Yaitu Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes. Sehubungan dengan pilkada di beberapa daerah ini, pemerintah provinsi Jawa Tengah mengadakan desk terkait pilkada ini. Dengan harapan pelaksanan pemilihan bisa berjalan lancar,” kata gubernur.

Ketua KPUD Batang, Adi Pranoto, SE melaporkan bahwa jumlah DPT di Kabupaten Batang sebanyak 597.025 pemilih. Persiapan pilkada telah 95%, distribusi surat suara telah dimulai sejak 12 Februari dan hari ini tahap proses di KPPS.

“Sesuai dengan Edaran Menteri Dalam Negeri, Kabupaten Batang telah membuat edaran terkait pelayanan public paska penggunaan hak pilih,” kata Adi.

“Sisa surat suara telah dimusnahkan dan dibuatkan berita acara, untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa tidak ada penyalahgunaan surat suara sisa di gudang KPUD,” lanjut Adi.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ganjar memastikan bahwa distribusi surat suara untuk daerah yang aksesnya sulit dicapai harus menjadi prioritas KPUD. Di Kabupaten Batang, desa yang mendapat perhatian khusus adalah Desa Pranten di Kecamatan Bawang dan Desa Sigandul di Kecamatan Reban. Gubernur juga mengharapkan agar logistik pilkada untuk kedua desa diantar menggunakan kendaraan roda dua agar bisa tepat waktu.

Kunjungan gubernur dilanjutkan dengan meninjau TPS 01 di Desa Tegalsari Kecamatan Kandeman. Gubernur memantau persiapan di TPS tersebut untuk meyakinkan masyarakat bahwa semua persiapan pilkada ini berjalan lancar.

Setelah berbincang beberapa saat dengan Plt Bupati Batang, Nasikhin, gubernur kembali melanjutkan perjalanannya menuju Semarang, sekaligus menandai berakhirnya kunjungan kerjanya di Kabupaten Batang pada hari ini. (NoviEka)

Bagikan ke Jejaring Sosial