Perpusdes Semakin Dekat Dengan Internet

Perpustakaan merupakan gudang ilmu pengetahuan menggunakan buku sebagai sarananya, kini seiring kemajuan jaman harus pula mengikuti perkembangan teknologi. Perpustakaan Batang mengajak pengelola Perpusdes mengikuti pelatihan computer dan internet dasar agar menimgkatkan kemampuan dan pengetahuan, supaya pengunjung Perpusdes semakin tertarik karena fasilitas membuat mereka mendapat banyak ilmu. Pelatihan computer dan internet dasar dibuka langsung oleh Asisten III Sekda Drs. Ripyono, M.Si mewakili Plt. Bupati Batang. Dihadiri Kadisperpuska dr. Mukhlasin, MKes, Kepala Kantor Wilayah Telkom (Kawitel) Pekalongan yang diwakili Asisten Manager Jupar Hadi dan  Manager PT. BPI beberapa waktu lalu di aula Kawitel Pekalongan.

Pelatihan diikuti 33 peserta dari 6 desa yaitu desa Deles Kec. Bawang, Padomasan Kec. Reban, Kalibalik Kec. Banyuputih, Depok Kec. Kandeman, Wonokerto Kec. Bandar support CCFI dan Sengon Kec. Subah support BPI. Dilaksanakan dari 13 – 14 April bertempat di aula Kawitel Pekalongan yang merupakan pelatihan lanjutan mengenai Strategi Pengembangan Perpustakaan di aula PMI Batang. Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan  komputer untuk 5 desa dari CCFI dan 1 desa dari BPI.

Kadisperpuska dr. Mukhlasin, MKes menyampaikan tujuan diadakannya pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta untuk dapat memberikan pelatihan computer dan internet dasar kepada pengelola Perpusdes selain itu dapat meningkatkan pengetahuan peserta dalam pengguanaan fasilitas computer dan internet.“Peserta diharapkan mampu menggunakan software MS Word dan MS Excel,” ujarnya.

Mukhlasin menambahkan pelatihan ini mampu membuat para peserta mencari informasi via internet,  membuat akun email dan menggunakan fasilitas media social dengan bijak.

Kemajuan teknologi membuat kita mau tidak mau harus berlari mengejar modernisasi di bidang IT, yang kemudian Perpustakaan Batang melouncing Perpusdes Perpuseru yaitu perpustakaan desa yang berbasis IT, sehingga para pengunjung tak ketinggalan ilmu dan informasi. (Heri/MC)

Bagikan ke Jejaring Sosial