SMKN 1 Batang Merilis Laptop Rakitan Siswa

Written by Bagian Humas dan Protokol on . Posted in berita

Foto : Bupati Yoyok Riyo Sudibyo menandatangani perjanjian kerja sama dengan CV Multi Sarana. (humas)

(Batangkab.go.id) Satu lagi prestasi ditorehkan SMK Negeri 1 Batang. Setelah tahun lalu berhasil merilis Tablet Efioo, tahun ini sekolah ini kembali merilis karya siswa-siswinya, yaitu laptop rakitan dengan merek Inforce. Launching yang dihadiri ratusan guru dan PNS Pemkab. Batang ini digelar di Pendopo Kantor Bupati Batang Selasa (9/4/13). Kepala SMKN 1 Batang, Drs. Sugito mengatakan perakitan laptop tersebut merupakan kerja sama dengan CV. Multi Sarana. Ini adalah yang pertama kalinya sekolah tersebut melaksanakan kerja sama dengan CV Multi Sarana secara resmi. Kerja sama ini untuk memberdayakan siswa, karena SMK ini punya pengalaman dalam merakit tablet Efioo, sehingga kerja sama ini telah disepakati oleh pihak sekolah dan supplier.

Diakui Sugito, kerja sama ini saling menguntungkan karena pihaknya mendapatkan ketrampilan merakit laptop sekaligus juga sebagai bekal siswa dalam mengenalkan komponen perangkat laptop. Untuk jasa perakitan yang dilaksanakan di Laboratorium Multimedia SMKN 1 oleh  siswa ini, perusahaan menghargainya sebesar Rp.50 ribu.

Foto : Siswa SMKN 1 Batang tengah merakit laptop. (humas)

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo yang hadir dalam acara launching tersebut mengatakan bahwa ini program sangat baik. Keuntungan–keuntungan dalam beberapa hal bisa didapat dari CV Multi Sarana, yang memberikan gratis semua perlengkapan. Anak–anak juga diberikan kemampuan untuk merakit. Sehingga pihak sekolah tidak ada risiko atau nol risiko. “Dan kita bisa menjualkan laptop dengan berbagai keuntungan di pihak kita, dan menurut saya kerja sama ini sangat fair dan saling menguntungkan,” kata Bupati.

Bupati juga menghimbau agar masyarakat yang mengetahui program ini bisa membandingkan dengan tempat lain. Kalau misalkan ini lebih kapabel, seharusnya masyarakat memanfaatkannya dengan membeli produk laptop yang dikerjakan oleh anak–anak dari SMKN 1 Batang.

 Dikatakan juga program  ini merupakan kelanjutan dari ISO SMKN 1. Semua ini dikembangkan untuk meningkatkan profesionalisme anak didik kita. Bupati juga akan sangat  mendukung jika SMK lain punya program dan kelebihan. Pemerintah daerah akan sangat merespon dan mendukung serta membantu dan jika ada peluang-peluang yang lain akan diberikan ke SMK lainnya, yang tentunya untuk SMK yang sudah mempunyai sertifikat ISO.

Heni, perwakilan dari produk Laptop Inforce menjelaskan bahwa kerja sama ini bukan semata-mata pihaknya mencari keuntungan saja, akan tetapi kita juga memberikan bekal ilmu ketrampilan teknologi komputer kepada siswa. Selain itu juga bertujuan menciptakan tenaga-tenaga ahli di bidang komputer yang mampu berinovasi, berusaha di bidang IT.  “Produk kami juga kami juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan sebagai produk saran pendidikan IT,” terangnya.(mc-humas)