50 ORANG IKUTI BINTEK SAR LANJUTAN

Written by Bagian Humas dan Protokol on . Posted in berita

Foto : Bintek SAR Lanjutan. (humas)

Untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada aparatur pemerintah dan masyarakat tentang penanggulangan dan penanganan bencana sebagai antisipasi tanggap darurat yang cakap dan optimal, Pemerintah Kabupaten Batang memberikan Bimbingan Teknis Search And  Rescue (SAR) Lanjutan Tahun 2013. Bintek dilaksanakan selama tiga hari, Minggu sampai Selasa,  30 Juni – 2 Juli 2013, bertempat di Agrowisata Pagilaran Kecamatan Blado Batang. Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang, Achmad Taufiq, SP, MSi selaku penyelenggara, tujuan bintek adalah untuk terwujudnya penanganan bencana secara terpadu dan terbentuknya Tim SAR Kabupaten Batang.

Bintek tersebut diikuti peserta sejumlah  50 orang, yang sebelumnya pernah mengikuti bintek SAR Dasar pada tahun 2012. Mereka adalah perwakilan instansi/SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang. Materi bintek terdiri dari penanganan saat terjadi bencana, teknik dan sistem SAR, Ke-PMI-an, cara pemadamam api, Penanaman Jiwa Korsa dan teknik tanggap darurat.

Sementara itu, Bupati Batang yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Sugiatmo SH, MM saat acara pembukaan, menyampaikan, dalam pemetaan rencana nasional penanggulangan bencana 2010-2014 wilayah Kabupaten Batang masuk dalam wilayah rawan bencana alam terutama, risiko gerakan tanah, erosi, abrasi, risiko kekeringan, kebakaran hutan dan zona risiko cuaca ekstrim. Melihat kondisi tersebut penyelenggaraan penanggulangan bencana, kesiapsiagaan, mitigasi dan pembentukan tim SAR di Kabupataen Batang sudah saatnya menjadi prioritas.

Acara Pembukaan dihadiri Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Batang Agung Wusnu Barata, S.Sos, MM, Direktur Perusda Aneka Usaha Batang Burhanudin Wahab, Badan SAR Nasional Provinsi Jawa Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah, dan SARDA Provinsi Jawa Tengah.(ic-humas)