RSUD Batang Berbenah Menuju RS Yang Nyaman dan Representatif

Written by Bagian Humas dan Protokol on . Posted in berita

Foto : Dr. Ani Rusdiani, Kabid Monef dan Pengembangan Rumah Sakit, menunjukkan pembangunan RSUD.(humas)

Batangkab.go.id - Rumah Sakit Daerah milik pemerintah diidentikkan dengan kesan kumuh, fasilitas yang kurang dan pelayanan tidak memuaskan. Predikat seperti ini sering sekali diucapkan oleh masyarakat. Hal inilah yang menjadi motivasi Direktur Rumah Sakit Daerah Kabupaten Batang, dr. Bhekti Mastiadji Sp.PK untuk mengubah kesan yang seperti itu. Dokter Bhekti, saat ditemui di tempat kerjanya mengatakan Rumah Sakit Daerah Kabupaten Batang untuk saat ini masih dalam proses renovasi dan pembangunan untuk menuju rumah sakit tipe B. Di samping mengejar tipe B, pihaknya juga akan menghilangkan kesan sebagai rumah sakit daerah yang kumuh. “Kita akan menerapkan pelayanan sesuai SOP, Standar Operasional Procedur, dan kita akan mengubah rumah sakit sebagi tempat yang nyaman dan representatif bagi semua pasien dan pengunjung, ” terang dr. Bhekti.

Dr. Ani Rusdiani, Kabid Monef dan Pengembangan Rumah Sakit menambahkan bahwa dalam membangun dan merenovasi RSUD pihaknya berusaha yang terbaik dalam memberikan pelayanan masyarakat, terutama poliklinik yang sekarang masih dalam proses pembangunan fisik dua lantai. “Yang lantai bawah untuk poliklinik, dalam pembangunannya sudah memenuhi standar yang diminta oleh dokter, dan kita membangun tidak asal bangun dan jadi,” jelas dr Ani.

Disampaikan juga  selain poliklinik pihaknya juga membangun tiga ruang penunjang medik yang diperuntukan ruang rehabilitasi medik, ruang ortopedi dan ruang anastesi yang juga dilengkapi dengan dokternya. RSUD juga akan mempunyai Gedung Rehab Medik yang luas untuk tindakan rehab medis seperti kaki palsu dan terapi lainya.

Untuk melengkapi sarana dan prasarana rumah sakit saat ini RSUD Batang sudah mempunyai alat–alat kesehatan yang baru seperti EEG (Electroencephalography) yang sudah dioperasionalkan. EEG adalah  alat yang digunakan untuk merekam aktivitas listrik otak, melalui tengkorak yang utuh. Saat ini alat tersebut masih satu gedung dengan alat EMG, karena gedung untuk EEG masih dalam proses pembangunan. RSUD Batang juga akan memiliki poliklinik penyakit dalam yang dilengkapi dengan endoskop yang berfungsi berfungsi sebagai alat periksa dan terapi dan diagnosa penyakit dalam.

Untuk Pembangunan di lantai dua diperuntukkan sebagai ruang khusus medical check up seperti ruang poli, oku, laborat, radiologi dan boga. Selain itu juga untuk ruang klinik poli eksekutif atau ruang praktik dokter spesialis di luar jam kerja, serta ruang rawat inap yang ada penambahan tempat tidur sebanyak 42. 22 bed untuk kelas III dan 20 bed kelas I dan VIP.

Ani mengatakan untuk pengembangan ke depan RSUD akan memperbaiki kinerja di pendaftaran dan ruang tunggu, dengan fasilitas pendaftaran secara elektronik, penambahan gedung rawat inap, ruang rawat khusus paru dan penambahan sumber daya manusia ( SDM ). Pembangunan ini akan dilakukan secara bertahap.

Untuk lebih prima dalam memberikan pelayanan kepada masayarakat RSUD dan meminimalkan keluhan, pihak rumah sakit membuka layanan SMS center dengan nomor 08579400056 untuk mendapatkan informasi tentang RSUD dan layanan kritik dan saran yang langsung akan direspon dari pihak rumah sakit.(mc-humas)