Kecamatan Warungasem terkenal dengan kulinernya Serabi Kalibeluk. Serabi khas dengan ukuran besar dan cita rasanya yang nikmat mengundang banyak pecinta kuliner untuk mencicipi jajanan tradisional ini. Kecamatan Warungasem memiliki tokoh yang selalu diingat, tokoh perjuangan Islam Syeikh Tholabuddin. Syeikh Tholabuddin memiliki nama lain Raden Wirokusumo sebagai laskar prajurit Mataram Islam. Raden Resokusumo sebagai orang yang mempertahankan dan menjaga Agama Islam. Raden Jayokusumo sebagai pejuang yang berhasil memperjuangkan Islam dari penindasan Kolonial Belanda.

Wilayah ini tererdapat banyak industri tekstil skala rumah tangga di wilayah Kecamatan Warungasem dengan orientasi pasar dalam negeri. Wilayah Kabupaten Warungasem sangat strategis dari sisi ekonomi, karena dekat dengan pusat kota Kabupaten Batang dan berbatasan dengan Kota Pekalongan, juga dilewati oleh jalur perdagangan dari Bandar, pusat produksi pertanian, ke Kota Pekalongan. Jaringan listrik juga sudah masuk ke berbagai pelosok di wilayah kecamatan ini.

Wilayahnya yang luas dan subur sangat cocok untuk dikembangkan sebgai wilayah industri pertanian. Apalagi ditunjang oleh sumber daya air yang melimpah, sistem irigasi yang teratur dan tenaga kerja yang masih murah. Di wilayah kecamatan ini terdapat beberapa pasar tradisional, tempat para petani memasarkan produknya secara langsung dengan harga relatif murah.

Daftar Desa / Kelurahan

No. Desa / Kelurahan
1 Desa Pandansari
2 Desa Kaliwerang
3 Desa Pejambon
4 Desa Sariglagah
5 Desa Pesaren
6 Desa Sidorejo
7 Desa Cepagan
8 Desa Masin
9 Desa Banjiran
10 Desa Warungasem
11 Desa Gapuro
12 Desa Kalibeluk
13 Desa Sawahjoho
14 Desa Candiareng
15 Desa Lebo
16 Desa Menguneng
17 Desa Terban
18 Desa Sijono

Bagikan ke Jejaring Sosial