Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang Menerima 10.000 Bibit Sayuran Dari BPTP Jawa Tengah

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di Jawa Tengah salah satunya yang ada di Batang artinya ini bagian dari Kementerian pertanian yang kebetulan tempatnya di Batang. Oleh karena itu tentu kita pemkab Batang bersinergi antara Dinas Pertanian dengan BPTP Jawa Tengah selaku pengampu, tentu fokusnya adalah riset hal tersebut disampaikan Bupati Batang Wihaji pada acara kunjungan dan penyerahan bibit sayuran 5 (lima) Komoditas sebanyak 10.000 (sepuluh ribu) batang, untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan yang bertempat di kebun balai pengkajian teknologi pertanian Jawa Tengah kebun percobaan Batang jumat 9/3/18.

Ia menambahkan selain riset juga ada inovasi yang luar biasa mulai dari varietas macam-macam jenisnya seperti inpari yang anti wereng. Harapan kami tentu dinas pertanian Batang bisa bersinergi dengan BPTP Jawa Tengah.

Dari BPTP Jawa Tengah memberikan bantuan bibit sayuran sebanyak 10.000 batang ini harapannya nanti dalam satu bulan atau dua bulan harus ada laporan dan perkembangannya yakni ada laporan hasilnya agar dapat dievaluasi ujar Bupati.

Dari 10.000 bibit sayuran yang terbagi lima komuditas sayuran yang masing-masing 2000 bibit yakni terong ungu, terong hijau, cabai rawit putih, bunga kol, dan seledri. Harapan kami silahkan dari tim penggerak PKK Kabupaten Batang diatur teknisnya karena ini bagian bersinergi dengan dinas pertanian ujar Bupati Batang.

Ini merupakan bagian dari semangat kita untuk mempraktekan dan berinovasi sekaligus memanfaatkan pekarangan khususnya bagi Tim penggerak PKK di Kabupaten Batang. Kami atas nama pemkab Batang mengucapkan terima kasih kepada kepala BPTP Jawa Tengah tentu kedepan banyak hal yang disinergikan.

Bupati juga menyampaikan ini merupakan bagian dari kita bersinergi antara Pemkab Batang, Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian dan semua instansi lain yang sama-sama berkomitmen untuk mewujudkan ketahanan pangan tentu bagian dari inovasinya.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah Dr. Ir Harwanto, Msi mengatakan untuk BPTP Jawa Tengah merupakan institusi vertikal dari kementerian pertanian dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi itu di dukung oleh kebun percobaan yang salah satunya ada di Batang.

Sesuai dengan tugasnya BPTP harus melakukan riset maka kegiatan-kegiatan yang ada di kebun ini nuansanya riset dan destiminasi inilah pengembangannya, dengan kondisi yang sangat minim. Dan dalam rangka mengoptimalkan fungsi kebun percobaan ini hal yang paling sering kita kerjakan terkait dengan melakukan pendistribusian benih untuk holtikultura ujar Herwanto.

Harwanto menambahkan untuk Pemberian 10.000 bibit kepada Tim Penggerak PKK kabupaten Batang ini diharapkan dapat dimanfaatkan di lingkungan perumahan sehingga memiliki kontribusi positif dalam rangka mempertahankan kebutuhan pangan dalam arti luas.

Dengan pendistribusian benih kepada ibu-ibu pkk, baik muslimat NU, bayagkari, iwabi dan sebagainnya. Dengan harapan benih tersebut dapat dimanfaatkan dilingkungan perumahan/pekarangan dalam rangka untuk menstabilisasi kebutuhan pangan itu bagaimana kita dapat memanfaatkan lahan pekarangan tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPTP Jawa Tengah menyerahkan 10.000 bibit sayuran secara simbolis kepada Tim penggerak PKK Kabupaten Batang. kegiatan tersebut dihadiri Bupati Batang, Wihaji beserta ibu, kepala dispermades, kepala dinas pertanian, dan kepala OPD terkait. (Iwan/Humas/McBatang)
Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial