Pembukaan Pesta Siaga

Kemah Siaga merupakan kegiatan rutin yg dilaksanakan setiap tahunnya oleh Kwarcab Pramuka Batang. Kegiatan ini selain bertujuan untuk membentuk kemandirian pada anak, juga berfungsi memperkenalkan anak kepada alam agar turut menjaga kelestarian dan keseimbangan alam sekitar.

Ibu Uni kuslantasi Wihaji saat membuka Acara Pesta Siaga di Lapangan Desa Tambak Boyo Kecamatan Reban, Sabtu (10/3/18) mengatakan Kemah yang di adakan selama satu hari ini selain untuk menekankan karakter budi pekerti kepada anak juga berfungsi mendidik peserta Kemah Siaga supaya berbakti kepada kedua orang tuanya. Penekanan budi pekerti dikalangan anak didik perlu terus ditingkatkan mengingat pergeseran budaya yang cenderung meniru budaya barat.

"Harapannya para guru mampu mengembalikan karakter budaya Jawa budaya anggah ungguh kepada orang yang lebih tua mapun kepada sesama"ucapnya

Beliau juga mengingatkan untuk terus meningkatkan ibadah kita kepada Alloh SWT bagi yang agamanya muslim baik di rumah maupaun saat acara kemah seperti ini. Hukumnya wajib bagi kita menjalankan sholat lima waktu karena ini perintah Alloh, tak lupa Ibu Uni juga berpesan kepada para Nanda (peserta) yang hadir di acara pesta siaga untuk tetap menjaga kondisi agar sepulang dari acara tersebut tetap dalam keadaan sehat.

"Kegiatan seperti ini membutuhkan fisik yang prima jadi jaga kesehatan Nanda selama sehari kedepan semoga Nanda selau dalam lindungan Allah" tambah istri dari Bupati Wihaji.

Selain Ibu Uni Kuslantasi Wihaji yang berperan sebagai Bunda Nanda hadir juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Batang, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batang, serta Kwatir Ranting se- Kabupaten Batang.

Kegiatan Pesta Siaga ini semakin meriah dengan diadakan perlombaan permainan anak, seperti cerdas cermat, permainan besar dan permainan-permainan lainnya yang diikuti oleh semua peserta kemah. Selain perlombaan juga ada Seni tari Babalu khas kabupaten Batang yang dipentaskan oleh SD N Tambak Boyo dan kesenian angklung yang semakin memeriahkan acara Pesta Siaga tersebut. (Anto/Humas/McBatang)
Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial