BLK Siap Latih 400 Peserta Pelatihan Kerja

Batang - UPTD Balai Latihan Kerja (BLK)  Kabupaten Batang, tahun 2018 ini akan menerima peserta pelatihan kerja sedikitnya 400 orang dari berbagai daerah di Kabupaten Batang, adapun pelatihan yang diberikan diantaranya menjahit, operator komputer, teknisi komputer, tata rias salon, tata boga, montir sepeda motor, las, montir mobil, setir mobil, dan bordir. 

Nanik Ismiati selaku instruktur menjahit, saat ditemui di Kelurahan Watesalit, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (5/5), mengatakan bahwa, di tahun 2018 peserta yang mendaftar di BLK paling banyak ada di menjahit dan setir mobil yaitu sekitar 80 untuk menjahit dan 130 orang setir mobil. 

"Untuk las, mekanik, dan montir mobil, peserta yang mendaftar masih sedikit dan ini masih dibuka pendaftaran untuk jurusan tersebut. Kemudian untuk teknisi komputer tinggal dua orang lagi dan operator komputer sudah 20 orang.  Nanti pelaksanaannya serentak setelah lebaran, akan tetapi untuk yang menjahit pelaksanaannya sudah dimulai dari Senin kemarin sampai 24 hari kedepan, dan untuk setir mobil akan dimulai pada Senin depan sampai 12 hari kedepan," ungkapnya. 

Nanik juga menjelaskan bagi pendaftar yang belum lolos seleksi tidak boleh berkecil hati, tahun depan bisa mendaftar lagi atau bisa mengambil jurusan lain yang kuotanya masih kosong. 

"Kalau yang tidak lolos seleksi tahun depan bisa mendaftar lagi atau nanti kami tawarkan pelatihan yang kuotanya masih kosong," jelas Nanik. 

Nanik juga mengatakan bahwa, di tahun 2018 ini BLK di Kabupaten Batang mempunyai program baru yaitu membuat busana karnaval untuk persiapan di bulan Agustus. Hal itu digagas mengingat karena biasanya jika ada karnaval - karnaval, baju busana karnavalnya menyewa dari kota lain. 

"Selama ini kalau ada karnaval-karnaval ketika saya tanya, rata-rata baju busananya menyewa dari kota sebelah. Itu kan sayang, kalau kita nyewa kesana. Kalau ada bibit - bibit kreatif di Batang dan kita buat sendiri kan lebih enak, kalau ada karnaval - karnaval tidak perlu menyewa," ujarnya. (MC Batang, Jateng/SAK)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial