100 Personil Dinas Perhubungan Siap Lancarkan Arus Mudik

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang malalui Dinas Perhubungan menyiagakan 100 Personil anggota untuk kelancaran arus mudik lebaran tahun 2018. 

“Kami siapkan 100 Personil anggota dari Dinas Perhubungan untuk kelancaran arus mudik lebaran tahun 2018,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Murdiono saat menggelar apel kesiagaan Arus Mudik di halaman Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Senin (14/5).

Murdiono juga menjelaskan bahwa Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, siap memberikan pelayanan prima kepada pemudik, sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas selama masa lebaran, serta mewujudkan keamanan, keselamatan ketertiban, kelancaran lalu lintas di Batang. 

“Pemkab Batang menyiapkan Posko terpadu dan rest area selama H-7 sampai dengan H+7 lebaran sejak tanggal 8 Juni hingga 23 Juni 2018,” jelas Murdiono. 

Rest area dan posko berada di Alun-alun Batang, Pucung Kerep Kecamatan Subah, Banyuputih dan Luwes Desa Surodadi Gringsing. Sedangkan, di Kantor Dinas Perhubungan juga mendirikan rest area secara gratis yang dilengkapi dengan layanan informasi, makan minum gratis, hotspoot area, parkir, hiburan, dan pijat gratis bagi pemudik. 

“Bagi pemudik bisa menggunakan Jalan Tol Pejagan–Pemalang yang sudah beroperasi secara penuh. Untuk Pemalang-Semarang fungsional, rest area Jalan Tol Batang ada tiga diantaranya Candi Areng, Sawangan dan Juragan,” ucap Bupati Batang, Wihaji.    

Dijelaskan juga bahwa untuk persiapan personil disiagakan 15 orang petugas siaga di Posko Terpadu Dinas Perhubungan, 57 orang personil petugas siaga perlintasan kereta api, 5 orang petugas mobil crane, 20 orang petugas siaga di terminal, 3 orang petugas patroli petugas tentatif di exit tol Kandeman, 9 0rang petugas penghitungan dan pemantauan arus. 

“Untuk persiapan Lampu Penerangan Jalan Umum ( LPJU ) di jalan nasional sebanyak 293 unit, 213 unit dalam kondisi baik dan 80 unit rusak dan mati, yang totalnya ada 3.140 unit yang berada di beberapa ruas jalan di Kabupaten Batang,” kata Murdiono.

Namun demikian, untuk kelancaran dan penerangan jalan bagi arus mudik, Kementerian Perhubungan menghimbau agar untuk rumah warga yang berada di ruas jalan nasional agar memasang lampu jalan. 

“Untuk menindaklanjuti himbauan Kementerian Perhubungan, kami akan melayangkan himbaun itu kepada Kepala Desa agar rumah yang berada di ruas jalan nasional untuk memasang lampu, satu rumah satu lampu,” lanjut Murdiono. 

Adapun untuk kesiapan palang pintu perlintasan kereta api yang ada di Kabupaten Batang ada 17 perlintasan, 4 palang pintu perlintasan yang dijaga secara manual, 8 perlintasan palang pintu otomatis dan 5 belum berpalang pintu dijaga. 

Untuk antisipasi kemacetan Pemkab menyiapkan jalur alternatif, yang pertama Jalan Letjend Suprapto-Mayjend Sutoyo-Yos Sudarso-Seturi-Sultan Agung Pantura (Simpang 3 Samsat), alternatif kedua Letjend Suprapto-Mayjend Sutoyo-Yos Sudarso-Seturi –Sigandu-Ujung Negoro–Pantura Desa Bakalan,” kata Murdiono. 

Pemkab Batang juga menyediakan 3 unit armada bus ekonomi AC berkapasitas 50 kursi untuk mengangkut pemudik lebaran dari museum Purna Bhakti TMII, bus akan berangkat pada H-5 atau 10 Juni 2018 pukul 10.00 WIB.

“Program mudik gratis ini Pemkab Batang menyediakan 3 unit bus, bagi warga Batang dengan menyerahkan bukti KTP atau Kartu Keluarga,” jelas Murdiono. (Humas/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial