Pemkab Batang, Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Batang – Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Upacara Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni di halaman Kantor Bupati Kabupaten Batang, Jumat (1/6). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Batang, Wihaji,  terlihat pula di deretan tamu undangan Wakil Bupati Batang, Suyono, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga, Kasdim 0736/Batang Mayor Inf. Raji, Sekda Batang Nasikhin, dan Kepala OPD se-Kabupaten Batang. 

Selaku Komandan upacara Iptu Agung Susanto, anggota Polres Batang, yang memimpin peserta upacara dari anggota TNI Kodim 0736/Batang, Anggota TNI AL Lanal Tegal, ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang, Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila, Ormas Islam Komando Muhammadiyah, dan pelajar SMA maupun SMP.

Bupati Batang, Wihaji yang membacakan sambutan dari Presiden Joko Widodo mengatakan, para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan, dan latar belakang, duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Rangkaian proses besar itu harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita,” ucap Bupati Batang, Wihaji. 

Bupati Batang juga berpesan bahwa, pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi. Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17 ribu pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin,” ucap Bupati Batang, Wihaji. (Humas/Edo)

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis
Lihat Berita Foto dari Berita ini

Bagikan ke Jejaring Sosial