Jelang Hari Raya, Bupati Batang Lakukan Sidak Pasar

Batang – Menjelang hari raya Idul Fitri, tak jarang harga kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pasalnya, pada periode ini kebutuhan masyarakat meningkat sehingga mempengaruhi kenaikan harga. Untuk memastikan harga sembako stabil, Bupati Batang, Wihaji didampingi Wakil Bupati Batang, Suyono beserta jajarannya, melakukan Inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar yang ada di wilayah Kabupaten Batang, seperti pasar Batang dan pasar Limpung, Kamis (8/6).

Bupati Batang, Wihaji mengatakan, hingga H-7 lebaran, kenaikan harga pada beberapa bahan pokok di wilayah Kabupaten Batang tidak mengalami kenaikan yang signifikan, masih pada titik 5 hingga 10 persen. Selain untuk memastikan harga, juga mengecek ketersedian stok kebutuhan pokok menjelang lebaran hingga seusai lebaran.

"Setelah kami melakukan sidak di beberapa pedagang di Pasar Batang, harga-harga kebutuhan pokok masyarakat masih bisa dikatakan stabil karena naik hanya 5-10 persen saja, begitu juga harga daging dan ayam yang masih standard," terang Bupati Batang

‘Memang ada kenaikan, seperti telur, cabe rawit, daging, bawang merah, dan bawang putih namun masih standar. InsyaAllah masih terkendali agar tidak terjadi inflasi," tuturnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM ), Isnanto, mengatakan bahwa hingga lebaran nanti kenaikan masih berkisar 5-10 persen.

"Kenaikan harga sembako di Kabupaten Batang seperti cabe naik 3 persen, bawang merah naik 5 persen, bawang putih naik 10 persen, daging sapi naik 5 persen, gula pasir naik 10 persen, telur ayam ras naik 10 persen,” terangnya.

Untuk menekan kenaikan harga di Kabupaten Batang, sudah dilakukan operasi pasar murah dari Disperindagkop Jateng pada dua hari lalu di dua Kecamatan.

"Kemarin sudah ada operasi pasar dan sudah ludes habis tidak kurang dari dua jam, dengan harga sembako yaitu Rp20 ribu, bisa mendapat satu paket berisi beras premium, minyak, gula dan mie instan," ujarnya.

Sementara saat ini, pihaknya juga masih memantau harga hingga lebaran.

"Kami terus pantau hingga lebaran, di Batang sendiri yang menjadi titik pantau yaitu di Pasar Batang, Limpung, dan Bandar," pungkasnya. (Humas/Edo)

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial