Uji Kesiapan, Pemkab Batang dan Pemerintah Pusat Gelar Vicon

Bupati Batang Wihaji, Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henri RJ Napitupulu, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga dan seluruh instansi terkait menggelar video conference dengan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Ketua DPR RI Bambang Susatyo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto untuk memastikan seluruh kesiapan infrastruktur dalam menghadapi arus mudik dan balik 2018 di Pos Pengamanan Terpadu Lebaran Gringsing, Minggu (10/6).

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menggelar video conference dengan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Ketua DPR RI Bambang Susatyo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, untuk memastikan seluruh kesiapan infrastruktur dalam menghadapi arus mudik dan balik 2018 di Pos Pengamanan Terpadu Lebaran, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Minggu (10/6).

Dalam paparannya Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono menyampaikan, bahwa di Provinsi Jawa Tengah ada 4 titik hambatan yang dapat menyebabkan kemacetan diantaranya, Kertasari, Kalikuto, Krapyak dan km 4 tol Salatiga.

“Namun yang menjadi hambatan utama dalam arus mudik lebaran tahun 2018 adalah jembatan Kalikuto Gringsing Kabupaten Batang yang belum selesai dan diperkirakan pengerjaannya akan selesai pada H-2,” tutur Kapolda.

Menurut Irjen Pol Condro Kirono, upaya yang dapat dilakukan sebelum hambatan itu terjadi yaitu, kendaraan harus dikeluarkan sebelum jembatan Kalikuto, kemudian masuk ke tol Weleri.

Sementara, dalam arahannya Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian mengutarakan, sudah saatnya kini pemerintah hadir untuk mengatasi beberapa titik hambatan pada arus mudik lebaran tahun 2018.

“Saya berharap agar seluruh unsur dapat bekerja secara maksimal untuk menyukseskan arus mudik tahun ini,” imbau Kapolri.

Demikian pula Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerangkan, beberapa permasalahan telah dijawab, ada kemungkinan kerawanan di wilayah Cikopo, Kertasari, Kalikuto dan km 4 tol Salatiga. Disarankan agar dibuat mini ICCU untuk menangani masalah kesehatan dan akan dikoordinasikan dengan Basarnas.

“Siapkan helikopter yang dilengkapi dengan peralatan SAR,” ucap Panglima TNI.

Lebih lanjut, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan, untuk wilayah jalur tengah kita menyerahkan kepada Pangdam III/Siliwangi dan Pangdam IV/Diponegoro, agar setiap satuan kewilayahan membuka pelayanan terhadap masyarakat dan menyiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh para pemudik.

Menanggapi permasalahan di jembatan Kalikuto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, jembatan Kalikuto akan dipercepat proses pengerjaannya dan dipastikan aman untuk dilewati pemudik.

Di bidang pelayanan kesehatan Menteri Kesehatan, Nila Moeloek menyampaikan, telah membuka rumah sakit dan pos kesehatan di sepanjang jalan yang dilewati, guna melayani para pemudik.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengharapkan, agar pengamanan arus mudik lebih ditingkatkan, sehingga bisa berjalan dengan lancar dan memberi rasa aman kepada pemudik yang akan kembali ke kampung halamannya.

Turut hadir Bupati Batang Wihaji, Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henri RJ Napitupulu, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga dan seluruh instansi terkait. (MC Batang, Jateng/Heri)

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial