Pendamping PKH dan Pemkab Batang Diharapkan dapat Saling Bersinergi

Batang - Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kabupaten Batang, diharapkan dapat memiliki inovasi dan kreatif baru yang bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Batang, serta saling memberikan manfaat kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Batang, Wihaji pada kegiatan Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama antara Bupati dengan para pendamping PKH di rumah dinas Bupati Kabupaten Batang, Senin (11/6).

Bupati Batang, berharap dengan inovasi dan kreatif baru salah satunya PKH telah melakukan kegiatan penanaman mangrove yang artinya ini dapat bersinergi dengan Pemkab Batang melalui dinas terkait termasuk bersinergi dengan program Dinas Sosial seperi program e-sakti atau santunan kematian. 

“Prinsipnya, salah satu indikator keberhasilan dalam mendampingi program PKH adalah peserta sudah lebih mandiri dan perlahan lepas dari kemiskinan,” tandas Bupati Batang, Wihaji. 

Edi Suwardi, selaku ketua koordinator PKH menyampaikan, ada 118 pendamping PKH yang telah mendampingi kurang lebih 33 ribu peserta PKH se-Kabupaten Batang. 

“Untuk peran pendamping peserta PKH ini yaitu memvalidasi, pemuktahiran data peserta, verifikasi pendidikan dan kesehatan, mendampingi penyaluran bantuan dan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau family development session,” ujar Edi. 

Edi Suwardi juga menambahkan, adapun peran serta pendamping peserta PKH di Pemkab Batang adalah mengawal program MPM (Mekanisme Pemutakhiran Mandiri)  dari Bappeda, mendampingi program santunan kematian, serta memverfikasi data faktual di lapangan.

“Kegiatan PKH yang telah dilaksanakan adalah Gelagar PKKH tahun 2016 yang menghadirkan 12 ribu peserta di lapangan Dracik Kabupaten Batang, menanam 4500 pohon mangrove di bibir pantai sigandu,  bakti sosial pemberian 100 paket perlengkapan sekolah di SDN Mojotengah Kecamatan Reban dan SDN Gerlang Kecamatan Blado, serta pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH)  sebanyak 6 unit,” pungkasnya. (Humas/Iwan)

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial