Jangan Baik di Administrasi Saja, tapi Juga di Peningkatan Pendapatan

Batang - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) merupakan badan usaha yang profit oriented bersifat sosial yang harus dapat mensejahterakan masyarakat. 

"BUMD jangan hanya baik secara administrasi tapi juga harus baik pula dalam pendapatan, hal ini untuk lebih berkontribusi dalam hal pendapatan untuk membangun Kabupaten Batang," kata Wakil Bupati Batang, Suyono saat membuka Bimbingan Teknis BUMD di Hotel Sendang Sari, Kabupaten Batang, Rabu (8/8). 

Lebih lanjut Wakil Bupati Batang mengatakan, untuk membangun sebuah perusahaan daerah harus memiliki rasa percaya diri untuk melakukan hal-hal yang luar biasa untuk mengembangkan dan membesarkan BUMD. Karena tanpa ada kepercayaan diri membuat kita malu untuk melakukan sebuah inovasi dan kreatif. 

"BUMD sekarang lagi banyak sorotan baik di media sosial maupun media cetak, sehingga ketika dikritik dan saran seharusnya mampu mendewasakan untuk lebih baik lagi kedepan dan mampu bersaing dengan badan usaha lainya," pinta Suyono. 

Tak hanya itu, Pemkab Batang sebagai pemiliK BUMD memilki kewenangan penuh dalam penilaian kinerja BUMD, sehingga apabila terget tidak di penuhi pimpinan BUMD akan tereliminasi. 

"Kita punya catatan dan penilaian per tiga bulan, enam bulan dan akhir tahun untuk mengatahui kinerja BUMD," jelasnya. 

Kepala Bagian Perekonomian, Subiyanto mengatakan, Bimbingan Teknis ini untuk memberikan motivasi kerja di masing - masing BUMD agar bisa lebih baik lagi.

"Kerja dan kerja target yang sudah kita sudah kita rencankan diawal tahun untuk dapar ditepati karena kita BUMD mempunyai target dan semoga bisa lebih," kata Subiyanto.

Subiyanto juga mengatakan, memang kinerja kita selalu dipantau oleh masyarakat, sehingga harus memiliki etos kerja, semoga Bimtek ini bisa menjadi motivasi kita bekerja leih baik dan porposonal dan profesional. 

"Reward dan Punishment tetap akan diberlakukan, bukannya untuk menakut-nakuti, tapi kalau memang tidak memenuhi target yang ditetapkan pimpinan BUMD akan tereliminasi dan yang berprestasi akan mendapatkan reward," jelas Subiyanto. 

Bimbingan teknis dilaksanakan selama dua hari dengan peserta dari Pimpinan dan karyawan BUMD seperti BAPPERA, BPR BKK, PDAM dan Peruda Aneka Usaha. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial