Catatan Bupati Batang, dalam Penyusunan RIP Pelabuhan Niaga Batang

Batang - Bupati Batang Wihaji, memberikan catatan dalam Penyusunan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) niaga yang akan segera dioperasionalkan dalam waktu dekat.

"Saya minta konsultan dan dari Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) untuk melakukan presentasi dulu ke Pemerintah Kabupaten Batang, sebelum dikeluarkannya izin operasi, terkait apa saja yang harus dijelaskan, sehingga nantinya ada manfaatnya bagi Pemkab dan berdampak ekonomi bagi masyarakat," pinta Bupati Batang, Wihaji saat mengunjungi Pelabuhan Niaga di Desa Klidang Lor Kabupaten Batang, Kamis (9/8). 

Lebih lanjut Bupati Batang mengatakan, Pelabuhan niaga Batang sudah siap di operasionalkan, karena dalam uji cobanya tidak ada masalah yang berarti, hanya saja harus kita koordinasikan manfaat pelabuhan bagi Pemkab dan masyarakat Batang dan yang lebih pentingnya lagi tidak melanggar regulasi. 

"Kita ingin jelas saja, Pemkab mendapatkan apa dan kewajiban apa yang harus dilakukan Pemkab, sehingga tahu kewenangan Pemkab," jelasnya. 

Kepala Bidang Pelayanan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Untung Surinanto mengatakan, Pembangunan Pelabuhan Niaga Batang sudah selesai tinggal finising dan rencana induk pelabuhan secara yang hierarki sebagai pelabuhan pengumpan regional, dan sesuai regulasi kewenangan RIP.

Untung Surinanto juga punya keyakinan, bahwa disekitar pelabuhan nantinya akan menerima manfaatnya dengan tumbuh berkembang pembangunan dan perekonomiannya, karena ini kargo komoditas yang luar biasa bukan saja untuk pasir dan batu bara saja, tapi kedepan juga bisa untuk garmen dan makanan. 

"Pelabuhan Batang salah satu pelabuhan pengumpan regional diwilayah Pantura, karena jarak Pelabuhan Emas Semarang dan Pelabuhan Pengumpul Tegal berjarak 100 km. Sehingga, sangat dinanti perannya yang nantinya sangat diuntungkan in out komoditas dan dengan aktifitas disekitar pelabuhan maka dibutuhkan masyarakat untuk ikut dalan bongkar muat dan Batang akan menjadi pusat kota seperti di Singapura," jelasnya.

Dikatakan juga, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan selalu mensupport apa yang dibutuhkan oleh Pemkab Batang, karena ini semua demi masyarakat Jawa Tengah agar lebih sejahtera lagi. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial