Malam 1 Suro, Pemkab Batang Gelar Penjamasan Pusaka dan Pementasan Wayang Kulit

Batang - Untuk menguri-uri (melestarikan) warisan kebudayaan leluhur, Pemerintah Kabupaten Batang telah melaksanakan Penjamasan Pusaka dan Pementasan Wayang Kulit oleh dalang Ki Muchri dari Tersono dengan judul "Mbangun Negoro Amarto Guyub Rukun "dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram  1440 di pendopo Kabupaten Batang. Senin  malam (10/9).

Bupati Batang menyampaikan, semoga  penjamasan pusaka ini bisa berjalan lancar. Seperti  satu tahun yang telah kami sampaikan tentang kegiatan ini, penjamasan pusaka merupakan persembahan tradisi adat Batang untuk nguri - uri kebudayaan, yang bisa dinikmati oleh semua kalangan dan sebagai penghormatan kepada sesepuh Batang yang telah berkontribusi untuk Kabupaten Batang. Penjamasan pusaka merupakan simbol kita untuk membersihkan diri dari segala kejelekan yang ada pada diri kita dan kegiatan merupakan tradisi yang harus kita lestarikan. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia dan masyarakat, selain penjamasan pusaka juga akan ada pementasan wayang yang merupakan simbol dari kehidupan kita,” imbuh Bupati Batang, Wihaji.

Bupati Batang mengharapkan, semoga masyarakat bisa mengambil pesan-pesan moral dan barangkali ada kritikan melalui cerita yang dipentaskan. 

“Saya berharap tahun depan kegiatan ini lebih ramai lagi dan semakin baik,” pungkas Bupati Batang, Wihaji.

Dilanjutkan kegiatan kirab pusaka mengelilingi halaman dan pendopo Kabupaten serta pelaksanaan penjamasan pusaka oleh Bupati Batang beserta forkopimda, dan hiburan pentas wayang kulit oleh 3 dalang lokal dari Batang ( 1 remaja dan 2 cilik ) yaitu : Ki Indra Gigih Wudodo dengan lakon Babad Wono Marto, Ki Wira Yuha Purnama dengan lakon Sirnaning Angkoro Murko, Ki Beta Ardana Putra dengan lakon Pandhowo Syukur.

Dalam kegiatan dihadiri oleh Bupati Batang Wihaji, Wakil Bupati Batang Suyono, Wakil Ketua DPRD H. Nur Untung Slamet, Dandim 0736/Batang diwakili Kasdim Mayor Inf.Raji, Kapolres Batang diwakili Kabag Ops Kompol Hartono, Sekda Batang Nasikhin, Para Asisten sekda Kabupaten Batang, Para staf ahli Bupati Batang, Kepala OPD se-Kabupaten Batang, Kades/Ka kelurahan se-Kecamatan. (MC Batang, Jateng/Heri)  


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial