Ngudoroso ke-13, Warga Keluhkan Bansos yang Tak Tepat Sasaran

Kunjungan Kerja atau Ngudoroso Bupati Batang, Wihaji dan Wakil Bupati Batang, Suyono di Desa Cepagan, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Rabu (7/11).

Batang – Dalam program Kunjungan Kerja atau Ngudoroso Bupati Batang, Wihaji dan Wakil Bupati Batang, Suyono, sejumlah warga desa keluhkan Bantuan Sosial (Bansos) yang tidak tepat sasaran di Desa Cepagan, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Rabu (7/11).

“Warga kami dan saya juga sebagai Kepala Desa merasa susah karena terkait dengan Bantuan Sosial (Bansos) penuh dengan aturan, terutama mengenai bantuan-bantuan kepada warga miskin karena kriteria miskin itu masih belum jelas,” tutur Kepala Desa Cepagan, Hery Kiswanto.

Dikatakannya, tidak ada aturan yang jelas mengenai kriteria warga miskin dan semua data kemiskinan sepenuhnya berasal dari Kementerian Sosial. 

“Jadi, terkadang Kepala Desa itu bingung, bahkan kemarin berkaitan dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diluncurkan oleh Dinas Sosial, penerimanya ada yang kurang pas, tapi mau bagaimana lagi kita tidak bisa berbuat apa-apa,” sambungnya. 

Bupati Batang, Wihaji menjelaskan, data kemiskinan di Kementerian Sosial yang mendata adalah dari Badan Pusat Statistik (BPS), selanjutnya data-data inilah yang diserahkan ke Pemerintah Kabupaten ataupun daerah

“Memang masalah di Indonesia itu adalah data, data kemiskinan di BPS beda, Dinas Sosial beda, Menteri Keuangan juga beda, oleh karena itu kita menginginkan merumuskan data kemisikinan yang valid. Ini merupakan PR bagi Kabupaten, bahkan untuk Indonesia,” jelasnya.

Problemnya memang yang paling sulit berada di tingkat desa lanjutnya, karena bersentuhan langsung dengan rakyat.

“Harapan saya tentu nantinya saya akan membuat surat resmi dan memberikan masukan kepada Kementerian Sosial, agar data kemiskinan di Batang sesuai dengan fakta yang ada dan bantuan dapat diberikan sesuai dengan sasaran,” harapnya. (MC Batang, Jateng/Ardhy) 


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial