Menteri BUMN : Jaga Ketersediaan Bahan Baku Kakao di Batang

Batang - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Rini Soemarno melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Batang, sekaligus meninjau langsung keberadaan dan perkembangan pembangunan pabrik coklat di Desa Wonokerso, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Selasa (4/12/2018).

“Setelah melihat langsung, ternyata pabriknya sangat bagus dan besar. Memang yang harus dijaga adalah ketersediaan bahan baku tanaman kakao,” terang Menteri BUMN, Rini Soemarno.

Pabrik yang pembangunannya diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Batang, Universitas Gajah Mada (UGM) dan PT. Pagilaran ini, menurutnya sudah seharusnya ada penanaman pohon kakao yang lebih banyak lagi. 

“Terlebih di lahan seluas 165 hektar ini, perlu peran serta dan kerja sama agar bahan baku dapat memenuhi kebutuhan produksi,” tuturnya.

Dikatakannya, di area ini memang sudah terdapat pohon kakao, namun untuk memenuhi kebutuhan produksi, dibutuhkan lebih banyak lagi. Maka dari itu, akan segera dilakukan komunikasi lebih intensif antara Pemkab Batang dengan Rektor UGM dan PT. Pagilaran, guna meningkatkan suplai biji kakao ke pabrik.

Menteri BUMN menambahkan, kunjungannya kali ini juga bersamaan dengan pemantauan terhadap kesiapan jalur tol di pantura. 

“Saat ini saya sedang memantau langsung sampai sejauh mana perkembangannya, karena akan segera diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Insyaallah akhir tahun ini sudah bisa digunakan secara operasional dari Jakarta hingga Surabaya untuk menyambut libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” paparnya.

Disamping itu, kunjungan ini juga untuk menindaklanjuti usulan dari Bupati Batang, Wihaji yang telah disetujui oleh Presiden, yaitu agar dibangun Transit Oriented Development (TOD) di KM 369.

“Rencananya akan dibuatkan akses untuk dijadikan destinasi wisata karena melihat keindahan dari Pantai Celong, dengan harapan bisa menghidupkan roda perekonomian, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat Kabupaten Batang,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Bupati Batang Wihaji. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial