Pemkab Batang Anggarkan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi

Batang - Siswa miskin berprestasi di Batang kini tidak boleh putus sekolah, pasalnya Pemkab Batang telah mengalokasikan anggaran beasiswa hingga Rp 764 Juta.  Tidak hanya itu, bagi mahasiswa yang tidak mampu dengan persyaratan tertentu, Pemkab telah meringankan biaya beban kuliah seperti pembayaran SPP, biaya penelitian skripsi, dan penelitian, yang nilai anggarannya hingga Rp100 juta.

"Program beasiswa siswa miskin berprestasi merupakan semangat kita dalam rangka meningkatkan dan menyediakan aksebilitas kwantitas dan daya saing pendidikan bagi seluruh warga Kabupaten Batang," kata Bupati Batang, Wihaji saat menghadiri acara Pengarahan Kepada Siswa SMA Berprestasi di Pendopo Kabupaten Batang, Selasa (8/1/2019).

Menurutnya, pemberian beasiswa merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah agar generasi Batang memiliki daya saing, sekaligus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terkait angka lama sekolah sekaligus. 

"Beasiswa memberikan semangat motivasi untuk mereka yang berprestasi, namun belum beruntung secara ekonomi, di sinilah kita peduli dan hadir membantu siswa-siswi berprestasi yang kurang  beruntung," terangnya.

Ia juga berharap dengan beasiswa ini ada semangat lebih untuk belajar mengejar cita-cita, serta meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi yakni perguruan tinggi. 

"Kalian adalah inspirator dari sekian siswa yang ada di Kabupaten Batang, maka tularkan kebaikan kepada siswa yang lain di lingkungan sekolah maupun dalam pergaulan," pintanya.

Ditegaskan pula bahwa pendidikan bukan semata-mata tanggung jawab Pemerintah Daerah saja, tapi merupakan tanggung jawab bersama untuk Batang yang lebih sejahtera lagi. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang, Achmad Taufiq menyampaikan, ada 765 siswa-siswi SMA, SMK, dan MA Negeri atau Swasta yang mendapat bantuan beasiswa tersebut. 

"Per siswa mendapat beasiswa sebesar Rp1 juta atau total keseluruhan Rp764 Juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," jelasnya. 

Dikatakannya, penyediaan beasiswa ini juga sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Batang di bawah kepemimpinan Bupati Batang, Wihaji dan Wakil Bupati Batang, Suyono untuk memperluas akses pendidikan yang merata, terjangkau, dan berkelanjutan bagi masyarakat usia pendidikan. 

"Lewat program ini juga harapannya dapat mengurangi angka putus sekolah," ujarnya. 

Ia juga mengatakan dengan adanya program ini dapat memberikan semangat dan motivasi kepada siswa-siswi miskin berprestasi untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan juga menjamin keberlangsungan prestasi baik akademik dan non akademik yang dimiliki oleh siswa supaya tidak putus di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

"Siswa yang mendapatkan beasiswa terdiri dari siwa yang memiliki prestasi akademik juara 1,2 dan 3 tingkat kabupaten, karesidenan, provinsi dan nasional dan juga prestasi non akademik seperti agama, seni budaya, olahraga, dan ekstrakulikuler meliputi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), aktif sebagai pengurus harian OSIS atau Pramuka, dan ikut dalam perlombaan pada olimpiade," jelasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial