Masyarakat Harus Transparan dalam Mengelola Bantuan

Batang - Selama ini masyarakat hanya mengetahui kalau bantuan yang diberikan pemerintah dalam bentuk infrastruktur saja. Padahal realitanya pemerintah juga memberikan bantuan kepada UKM hingga penyandang disabilitas. 

Pernyataan itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan pada acara Silaturahmi Gubernur Jawa Tengah dengan Penerima Bantuan Gubernur di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (11/4/2019).

Ganjar menegaskan, membangun sarana fisik saja, tidaklah cukup, tetapi harus diikuti dengan upaya membangun mental dan spiritual manusia agar terjadi keseimbangan. Jika terjadi keseimbangan dalam dirinya, maka hubungan sosial dengan sesamanya pun baik.

“Sengaja saya kumpulkan masyarakat penerima bantuan, yang akhirnya sekarang mereka tahu bahwa pemerintah tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur, tapi juga berkonsentrasi pada pembangunan sumber daya manusia. Sebagai contoh dengan memberikan bantuan kepada orang tua yang tidak bekerja dan pelaku usaha produktif yang belum memiliki akses permodalan dan beasiswa bagi siswa berprestasi,” paparnya.

Gubernur mengharapkan, dalam proses pengerjaannya harus menerapkan pola transparansi anggaran. Hindari korupsi, pungli dan selalu menjaga kualitas, agar bisa bertahan lama. Rakyat juga harus belajar untuk mengelola bantuan secara transparan dan mengutamakan mutu, otomatis investor yang ingin masuk pasti senang dan dampaknya juga akan langsung dinikmati masyarakat.

“Alhamdulillah Kabupaten Batang masuk dalam kategori yang luar biasa. Buktinya mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB RI), berkat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) termasuk satu-satunya yang terbaik dari 35 kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, begitu pula untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menyabet juara terbaik,” pungkasya.

Sementara Bupati Batang Wihaji mengatakan, berkat kerja sama seluruh pihak, Pemerintah Kabupaten Batang memperoleh penghargaan dari Kemenpan-RB RI yang menjadi satu-satunya  yang memiliki SPBE terbaik se-Jawa Tengah. 

“Pemkab Batang selalu berupaya memberikan pelayanan yang baik, yang tentu belajar dari Provinsi Jawa Tengah, karena dari sanalah yang mengawali SPBE yang baik,” tuturnya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial