OPD Berikan Teladan Menangkal Hoax

Bupati Batang Wihaji, memberikan sambutan dalam rangka Sosialiasi Berita Anti Hoax di Hotel Dewi Ratih Kabupaten Batang, Senin (15/4/2019).

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang menyelenggarakan sosialisasi berita anti hoax dengan mengundang seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi pendidikan dan pondok pesantren di Aula Hotel Dewi Ratih Kabupaten Batang, Senin (15/4/2019).

Bupati Batang Wihaji dalam sambutannya mengatakan, Indonesia adalah sebuah negara besar, jika kita tidak berhati-hati khususnya masalah hoax atau berita yang belum pasti kebenarannya, dapat terjadi perpecahan.

“Kepala OPD harus menjadi contoh yang baik, harus berhati-hati dan jangan pernah mensharing sebuah berita sebelum kita saring,” imbaunya.

Bupati menegaskan, seluruh pihak, terutama OPD, sebaiknya mampu memilah dan memilih berita, mana yang bermanfaat serta mana yang tidak perlu. Terkadang ada sebagian dari kita yang tidak tahan untuk membagikan sebuah berita, padahal informasi yang mereka dapat belum tentu benar.

“Khusus kepada Kepala OPD dan Kepala Sekolah bisa memberikan contoh, agar ke depan tidak terjadi kesalahan,” tegasnya.

Bupati menambahkan, di masa tenang ini, masyarakat Kabupaten Batang diminta saling menghormati. 

“Saya pastikan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg dapat berjalan lancar, aman dan kondusif, tanpa halangan apapun. Kita hormati apapun hasilnya, karena itu bagian dari pesta demokrasi,” pungkasnya.

Sementara, pada kesempatan yang sama, Kepala Diskominfo Kabupaten Batang, Jamal Abdul Naser menuturkan, sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada stakeholder tentang informasi yang tidak benar dan ujaran kebencian, agar kita semua mampu menangkalnya.

“Kegiatan ini juga bisa dijadikan ajang diskusi dalam membahas hal-hal yang berhubungan dengan penyebaran informasi kepada publik melalui media sosial,” terangnya.

Jamal mengajak kepada Aparatur Sipil Negara dan seluruh lapisan masyarakat untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial dan mendukung segala kebijakan pemerintah di bidang informasi dan komunikasi publik. (Mc Batang Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial