Wakil Bupati Batang Sambangi Korban Angin Puting Beliung

Batang - Wakil Bupati Batang Suyono, sambangi korban angin puting beliung di Desa Sukorejo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Selasa (16/4/2019). 

Musibah angin puting beliung terjadi pada Minggu (14/4/2019) mengakibatkan ratusan rumah rusak parah dan beberapa rumah rata dengan tanah.

"Musibah bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, maka kita harus bersabar dan berserah diri, namun demikian kita harus selalu waspada agar dapat meminimalisir korban," kata Wakil Bupati Batang Suyono.

Ia juga mengatakan Pemerintah Daerah selalu hadir dalam setiap musibah bencana untuk memberikan bantuan, karena kepedihan dan musibah bencana merupakan musibah bersama yang harus kita tolong dan bantu. 

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang bersama Pemerintah Desa masih mendata jumlah total rumah rusak akibat angin puting beliung, baik yang ringan maupun berat," jelasnya. 

Dalam musibah ini lanjutnya, Pemkab akan memberikan bantuan dana sebesar Rp3 juta dan adapula bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang berupa beras dan mie instan. 

Sementara, Kasi Pemerintahan Desa Sukorejo Abdul Kholik menjelaskan saat kejadian, angin berhembus kencang dan memporak-porandakan bangunan. Warga pun histeris ketakutan melihat angin bertiup kencang hingga merobohkan sejumlah bangunan. 

"Saat kejadian berlangsung, cuaca mendung dan hujan lebat. Tak lama kemudian angin berhembus kencang dan langsung menyapu tiga dusun di Desa Sukorejo, yaitu Dusun Kalenggangan, Bandungan, dan Kelampok," terangnya.

Salah satu petugas BPBD Kabupaten Batang menjelaskan, BPBD sudah melakukan proses evakuasi dan perbaikan atap rumah terdampak angin puting beliung. 

"Dari data sementara, total rumah terdampak angin puting beliung yaitu 10 rumah rusak berat dan ratusan rumah rusak ringan, dan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini," jelasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial