Dua Mobil Disiapkan Agar Warga Sigandul Tidak Golput

Batang - Bupati Batang Wihaji, melaksanakan monitoring kesiapan malam pemungutan suara di sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Batang di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Selasa (16/4/2019). 

Monitoring diawali dari PPK Kecamatan Warungasem, Kecamatan Bandar, Kecamatan Reban, dan terakhir di Kecamatan Bawang.. 

"Kita ingin memastikan semua logistik pemilu terdistribusikan dengan baik, semua bisa berjalan dengan lancar," kata Bupati Batang, Wihaji. 

Dari hasil monitoring sudah 100 persen logistik Pemilu sudah diditribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang semuanya tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja laporan dari Kecamatan Bawang ada sekitar 150 warga kampung Sigandul yang memutuskan tidak akan menggunakan hak pilihnya, dengan alasan TPS menginduk di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, yang cukup jauh dari lokasi tinggal mereka.

Untuk mengantisipasi hal ini, Pemerintah Kabupaten Batang sudah menyiapkan dua mobil untuk mobilisasi warga yang akan menggunakan hak pilihnya. 

"Kita berusaha sebaik mungkin dengan memfasilitasi dua kendaraan mobil untuk mobilisasi warga, kalau memang mereka tetap tidak mau menggunakan hak pilihnya, itu hak mereka kita tidak bisa memaksa," jelasnya. 

Sementara, Camat Bawang Yarsono mengatakan, Kampung Sigandul terletak di lereng sabuk pegunungan Dieng yang diapit oleh Gunung Prau dan Gunung Gondomayit. Semula warga sempat direlokasi ke tempat yang mudah dijangkau, namun warga kembali menempati lahan mereka yang lama di Sigandul. 

"Administrasi kependudukannya pun menjadi berubah. Semula mereka adalah warga Desa Mojotengah, Kecamatan Reban, sesuai yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka hingga sekarang. Namun kini, meskipun menempati lokasi yang sama, mereka dimasukkan sebagai warga Dusun Bintoro Mulyo, Desa Prenten, Kecamatan Bawang," terangnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial