Tahun 2019, Infrastruktur Jalan dan Irigasi Dianggarkan Sebanyak Rp70 Miliar

Batang – Tahun pertama dan kedua lebih memprioritaskan pada program sosial, di tahun ketiga atau tahun 2019 mulai menambah infrastruktur dan kita anggarkan untuk infrastruktur jalan dan irigasi yang totalnya mencapai Rp70 miliar. 

Hal ini dikatakan oleh Bupati Batang Wihaji saat Tarawih Ukhuwah Bupati dan Wakil Bupati Batang di Masjid Khusnul Khotimah, Desa Sawahjoho, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang (20/5/2019). 

“Tahun 2019 untuk Kecamatan Warungasem berbagai pembangunan infrastruktur akan dikerjakan seperti jalan penghubung Desa Pesaren-Sawahjoho dengan anggaran Rp900 juta, jalan penghubung Desa Pasekaran–Pandansari dengan anggaran Rp1,7 miliar, Jalan penghubung Kecamatan Warungasem tepatnya Jalan Basuki Rahmat dengan anggaran Rp4 miliar,” jelasnya.

Desa Sawahjoho lanjutnya, merupakan daerah yang religius dengan mata pencaharian petani namun peradabannya tinggi, karena dilihat dari rumah penduduknya sudah kelihatan bagus dan tingkat kesejahteraan pun cukup baik. 

"Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada para orangtua agar menyekolahkan anak-anaknya minimal sampai SMA, karena untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," ujarnya. 

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan, kalau memang belum ada WC di rumahnya, Pemkab Batang siap membantunya. 

"Saya sudah jadi Bupati selama 2 tahun kurang dua hari, program sosial yang sudah dilaksanakan seperti, santunan kematian bagi masyarakat kurang mampu Rp1 juta, Insentif guru madin Rp1,2 juta yang diterimakan dua kali sebelum lebaran dan setelah lebaran, santunan yatim piatu setiap tahun totalnya Rp1,5 miliar untuk 1500 anak dan operasional RT Rp1,2 juta dalam setahun," jelasnya.

Diujung acara Bupati Batang Wihaji berkesempatan menyerahkan bantuan dengan nilai totalnya Rp33 juta, diperuntukan bantuan kemakmuran Masjid, Rumah Tidak Layak Huni, lansia, disabilitas, anak yatim piatu, janda dan bantuan modal usaha serta tabungan sekolah sebesar Rp250 ribu dan Rp500 ribu. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis