ASN Yang Tidak Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila, Dapat Sanksi Bersihkan Got

Batang - Upacara hari ini termasuk bersejarah, karena paling banyak pesertanya dan ada juga peserta Aparatur Sipil Negara (ASN) dari luar daerah karena sudah terlanjur mudik dan mungkin takut sanksi jadi ikut upacara.

Hal ini dikatakan Bupati Batang Wihaji usai menjadi Pembina Upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Batang di halaman Kantor Bupati Batang, Sabtu (1/6/2019). 

Membludaknya peserta upacara dikarenakan Bupati Batang Wihaji akan menerapkan sanksi kepada ASN yang tidak ikut Upacara. 

Mengikuti upacara hari lahir Pancasila merupakan perintah pemerintah pusat lanjutnya, yang secara aturan dan undang - undang ada sanksi hukumnya, sedang, ringan dan berat bagi ASN yang tidak mengikuti, 

"Saya sudah membuat regulasi bagi ASN yang tidak ikut upacara dengan alasan yang tidak jelas akan ada tiga sanksi, yaitu membersihkan got, membaca teks Pancasila yang diunggah di instagram dan PBB untuk melatih kedisipilinan," tegasnya.

Bupati juga menjelaskan dari tiga sanksi tersebut sebelumnya tidak kami umumkan kepada jajaran ASN, tetapi mungkin sudah bocor sanksinya jadi yang ikut upacara membludak, namun tetap sanksi diterapkan setelah  lebaran Idul Fitri pada tanggal 10 dan 11 Juni.

"Saya akan cek daftar absennya, kalau alasan sakit dan ada keterangan dari dokter saya maklumi, tapi kalau dengan alasan yang tidak jelas hukuman tetap ditegakkan," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial