Paskibraka, Bangun Karakter Pemuda Indonesia

Batang – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bukan hanya bertugas mengibarkan bendera merah putih saja, tetapi pelajaran berharga yang harus dibangun adalah karakter sebagai seorang pemuda Indonesia, yang membangun bangsa dan negaranya melalui prestasi di masa depan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Bupati Batang Wihaji saat memberikan motivasi kepada anggota Paskibraka di halaman Rumah Dinas Bupati Batang, Rabu (7/8/2019).

“Kalian semua memiliki prestasi dan kekuatan yang lebih unggul dibandingkan generasi seangkatan kalian di luar sana, termasuk tentang kepemimpinan, kedisiplinan dan akan dipetik hasilnya di masa akan datang,” tuturnya di hadapan 73 anggota Paskibraka.

Lebih lanjut, Bupati megimbau agar para anggota Paskibraka tetap memiliki semangat dan serius, lalui proses ini dengan baik. 

“Jangan sampai ada yang main-main, jika bersungguh-sungguh insya Allah kalian akan memetik buah dari perjuangan selama ini,” ungkapnya.

Mendengar arahan dan bimbingan dari Bupati Wihaji, Nur Aliya Octaviani, salah satu anggota Paskibraka mengatakan, motivasi dari Bupati dapat meningkatkan semangat dari pasukan.

“Sebagai Paskibraka, di sini kami juga dituntut untuk memiliki tata krama yang baik, rasa kebersamaan antar teman dari seluruh wilayah di Kabupaten Batang,” katanya.

Afika, sapaan akrabnya, berharap agar semua pelajaran yang didapat selama 21 hari mengikuti pelatihan Paskibraka dapat bermanfaat bagi masa depannya. 

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Disparpora Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso menambahkan, anggota Paskibraka tahun 2019, tidak hanya didominasi pelajar dari sekolah-sekolah di kawasan perkotaan saja, tetapi Disparpora berupaya untuk mengikutsertakan SMA/SMK/MA yang berada di pelosok desa.

“Hal itu pasti membanggakan mereka yang bersekolah di desa, karena dilibatkan dalam prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74,” terangnya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial