Bupati Batang Sidak Infrastruktur Jalan di Kecamatan Gringsing

Batang - Bupati Batang Wihaji, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah pembangunan infrastruktur di beberapa ruas jalan Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Rabu (7/8/2019). 

"Sidak ini untuk memastikan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Timur Batang, tepatnya Kecamatan Gringsing yang nilainya mencapai Rp7 miliar," kata Bupati Batang Wihaji.

Dari hasil peninjauan, lanjutnya, kita sudah melihat secara langsung jalan penghubung Desa Lebo - Krengseng menuju objek wisata Pantai Jodo, serta jalan Banyuputih - Kedawung dan Jembatan Desa Madugowongjati hasilnya sesuai progress pekerjaannya.

"Pembangunan infrastruktur merupakan hasil dari Program Ngudoroso tahun lalu dengan masyarakat desa, yang dapat kita bangun tahun ini. Sehingga, program ini bukan sekadar formalitas saja, tapi ada aksi nyata Pemkab untuk mensejahterakan rakyat," jelasnya. 

Bupati juga menjelaskan bahwa peninjauan ini untuk memastikan kegiatan tidak ada permasalahan dan yang belum selesai segara dikebut agar tepat waktu sesuai dengan perjanjian kontraknya. 

"Kita memang tahun ini juga memfokuskan Batang wilayah Timur seperti Kecamatan Banyuputih, Gringsing dan Limpung untuk pemeratan pembangunan," ujarnya.

Tidak hanya itu, Bupati juga sempat meninjau pembangunan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Desa Kalangsono Kecamatan Banyuputih yang nilai kontraknya mencapai Rp404.583.421,00 yang akan selesai pada 6 September 2019. 

"Pembangunan tambahan sumur dalam 1,5 meter/detik ini akan memenuhi kebutuhan air bersih di Desa Kalangsono untuk 2.000 jiwa, sehingga kehadiran Pamsimas ini diharapkan tidak ada kekurangan air bersih," harapnya. 

Usai meninjau Pamsimas Bupati melanjutkan sidak pembangunan trotoar Alun-alun Limpung yang sudah sesuai progress pengerjaan, penataan trotoar ini sampai ke Pasar Limpung dengan nilai anggarannya mencapai Rp500 juta. 

"Kalau untuk penataan Alun-alun Limpung nilainya menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp300 juta. Ini sebagai tempat terbuka hijau di Limpung agar lebih tertata dan nyaman untuk masyarakat," terangnya. 

Sementara, Kepala Seksi Pemeliharaan dan Pengawasan Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Batang Endro Suryono menjelaskan, pembangunan untuk wilayah Batang Timur yakni Jalan Kalimanggis-Kedawung Pos dengan panjang 4,8 km dengan nilai Rp2,6 miliar, jalan Desa lebo - Desa Krengseng panjang 1,5 km nilai kontraknya Rp1,4 miliar sudah selesai 100 persen. 

"Jalan penghubung menuju objek wisata yakni jalan Krengseng-Pantai Jodo dengan panjang 700 meter lebar 4.5 meter. Jalan ini memang titik krusial, sehingga kontruksinya jalan rigid beton dengan kanan kiri talud nilai kontraknya senilai Rp2,3 miliar progress pekerjaannya baru 15 persen," jelasnya.

Adapun untuk pembangunan jembatan dan tebing jalan Desa Madugowongjati - Dukuh Tedunan Kecamatan Gringsing, lanjutnya, progress pembangunannya sudah 90 persen, dengan nilai kontraknya mencapai Rp948.418.000,00. 

"Semua pembanguan akan kita cek di laboratorium, agar mengetahui apakah sesuai dengan perencanaannya," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial