Bupati Batang : Anggota Pramuka Berkontribusi Bangun Kemajuan Bangsa

Batang - Pramuka merupakan bentuk pendidikan ekstra kurikuler yang terbukti mampu membentuk karakter anak Bangsa, pasalnya ditanamkan pendidikan yang memiliki jiwa patriotik, berbudiluhur, kejujuran, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan selalu berkarya. 

Hal ini disampaikan Bupati Batang Wihaji saat membuka Upacara Bendera Peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat Kabupaten Batang di Lapangan Desa Kalibalik, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Selasa (3/9/2019). 

"Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka harus diimplementasikan dalam keseharian sebagai anggota Pramuka sejati, karena sumpah pramuka bagian dari kontribusi membangun kemajuan Bangsa," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, selaku anggota Pramuka harus memiliki kesadaran akan pentingnya kesatuan persatuan untuk menjadikan NKRI yang kuat. Pramuka merupakan bagian organisasi yang tersusun rapi dan memiliki jiwa sosial yang tidak diragukan lagi. 

Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana (Sarpras) Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Batang Lany Dwi Rejeki melaporkan, Upacara Bendera peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat Kabupaten Batang juga dirangkai dengan Jambore Ranting selama tiga hari dimulai dari tanggal 3-5 September 2019.

"Tema yang kita angkat pada peringatan Hari Pramuka Tahun ini Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, yang bertujuan untuk bersama-sama seluruh komponen Bangsa siap sedia membangun keutuhan NKRI," terangnya. 

Jambore ranting Kecamatan Banyuputih diikuti oleh Pramuka Penggalang, mereka akan mengikuti kegiatan - kegiataan untuk membentuk karakter yang budi luhur serta cinta NKRI, dan kepemimpinan. 

"Kwarcab Kabupaten Batang juga mengirimkan kontingan terbaiknya ke Jambore Daerah (Jamda) yang berlangsung di Kabupaten Blora. Untuk Jambore Ranting mengadakan Jambore di masing-masing ranting," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, sebelum membuka Jambore Bupati Batang Wihaji ikut menari bersama 100 penari kuda lumping khas Banyuputih, penari yang mayoritas Pramuka siaga tingkat SD terlihat lincah dan gemulai. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis