Jelang Pilkades Serentak di Batang, Forkopimda Gencar Silaturahmi

Batang - Untuk menciptakan situasi kondusif jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 29 September 2019, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Batang, gencar melaksanakan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, dan bakal calon Kepala Desa di Pendopo Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Rabu (4/9/2019). 

Silaturahmi bertujuan untuk meminimalisir dan mencarikan solusi permasalahan yang timbul akibat Pilkades, sehingga pemilihan kepala desa terlaksana secara beradab dan bermartabat. 

"Kepala desa itu bukan pejabat politik, tetapi prosesnya secara politik dan langsung dipilih oleh rakyat," kata Bupati Batang Wihaji. 

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam pelaksanaannya memiliki semangat untuk menciptakan situasi yang aman dan bermartabat, jadikan demokrasi Pilkades yang menggembirakan bagi warganya. 

"Harapan saya Pilkades serentak ini menyenangkan dan tanpa money politik demi kemaslahatan desa," pintanya. 

Untuk itu, imbuhnya, terlepas dari adanya money politik harus ada komitmen dari semua elemen masyarakat yang dimulai dari calon kepala desa dan seluruh warga.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan kedatangan Forkopimda untuk memberikan dukungan moril, semoga Pilkades serentak bisa berjalan damai dan bermartabat.

"Jangan sampai Pilkades memutus silaturahmi, jangan sampai mengintimidasi orang hanya karena beda pilihan, mencalonkan diri menjadi kepala desa niatnya baik, maka jangan sampai ada niatan yang tidak baik, gunakanlah cara-cara sesuai regulasi," pinta Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan kekhawatirannya dalam pelaksanaan Pilkades akan dikotori dengan money politik.

"Money politik adalah sumber dari masalah, karena calon Kades mengeluarkan dana terlalu tinggi, sehingga akan melakukan segala cara untuk menang yang akhirnya mengintimidasi dan provokatif pemilih," jelasnya.

Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Kav. Henry Rudi Judianto Napitupulu menambahkan, Pilkades bertujuan memilih pemimpin yang dapat mensejahterakan masyarakat dan memajukan desa. 

"Kondusifitas Pilkades bagian dari membantu aspek kinerja kami selaku aparat keamanan, bagi calon kepala desa yang tidak terpilih harus turut serta membangun kemajuan desa," pintanya.

Dandim juga mengapresiasi Kabupaten Batang yang sangat kondusif, dengan masyarakatnya yang memiliki rasa handarbeni dan sangat guyub rukun. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis