Bupati Batang Wihaji Wisudakan 142 Santri TPQ

Bupati Batang Wihaji mewisuda Santri Taman Pendidikan Al Quran (TPQ)
Bupati Batang Wihaji wisudakan 142 Santri Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) yang tergabung dalam Badan Koordinasi TPQ Kecamatan Batang, Minggu (16/7).

Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Kantor Bupati dihadiri oleh Ketua BADKO TPQ Jawa Tengah Ateng Chozani Miftah, Ketua TPQ Batang Achmad Thofik, Para guru TPQ se Kecamatan Batang.

Bupati Batang Wihaji dalam sambutanya mengatakan, TPQ adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al Qur’an sejak usia dini.

Lembaga pendidikan TPQ juga memberikan pendidikan karakter anak yang islami serta memberikan pemahaman dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).

"Jadi selama di Batang masih ada yang mengaji, sekolah TPQ masa depan Batang Insallah doanya masih terkabul, dan Batang bagus dan tambah maju, tapai kalau sudah tidak ada saya ikut prihatin," kata Wihaji.

Lanjut Wihaji, sebagai pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasikan lemmbaga pendidikan non formal TPQ, yang sama - sama mendidik anak bangsa yang mempunyai karakter agamis, Qurani dan berakhlakurkharimah, yang merupakan bagain penting bagi masa depan Kabupaten Batang.

"Pemerintah mensport sekali lembaga pendidikan TPQ yang saat ini telah dianggarkan 4 milyar bagi gurunTPQ dan madin untuk tunjangan kesejahteraan uqng ketupat, yang kedepan kita usahan untuk bisa naik lagi anggaranya." Kata Wihaji di hadapan Guru TPQ yang ikut juga adalam wisuda santrinya.

Bupati berharap keverlangsungan TPQ yang ada di Kabupaten Batang terus ada dan bertambah baik dari segi pembelajaran maupun sarana dan prasarana yang menunjang, serta bertambah pula SDM yang berkualitas agar Batang bisa menjadi kota yang agamis.

Ketua Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al Quran Achmad Thofik mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi kalender pendidikan TPQ yang ada di Kabupaten Batang.

"Di Kecamatan Batang ada 65 TPQ namun yang ikut wisuda santri sebanyak 11 TPQ, adapun santri yang di wisuda sebanyak 142." Katanaya. (Edo/McBatang)
Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial