Daftar Cepat Lewat SMS dan Online

RSUD Batang
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batang terus melakukan pembenahan dalam hal pelayanan kepada masyarakat, setelah sebelumnya melakukan terobosan dengan melaunching ketersediaan tempat tidur bagi pasien yang akan rawat inap, saat ini masyarakat yang ingin kontrol atau rawat jalan bisa mendaftar melalui SMS maupun Aplikasi RSUD Batang yang diunduh melalui Playstore yang sudah disiapkan manajemen RSUD Kab. Batang.

Pendaftaran melalui SMS maupun Aplikasi tersebut bisa dilakukan selama 24 jam, dengan maksud dan tujuan agar masyarakat yang ingin periksa tidak usah menunggu antrian di tempat pendaftaran. Karena sebelumnya banyak masyarakat yang mendaftar sejak pukul 02.00 wib (dini hari), sehingga banyak dari mereka yang harus menunggu berjam-jam hanya untuk mendapatkan nomor antrian lebih awal.

Disamping itu, masyarakat nantinya bisa langsung mendaftar untuk menuju ke poli/klinik yang dinginkan sesuai dengan format pengiriman SMS kepada operator. Meskipun nantinya sudah bisa dilakukan melalui SMS maupun aplikasi, untuk pendaftaran pasien rawat jalan masih tetap bisa dilakukan secara manual. Sehingga masyarakat yang belum bisa mendaftar melalui SMS maupun aplikasi yang tersedia, yang bersangkutan bisa datang langsung untuk mendaftar seperti sebelumnya.

Masyarakat sendiri bisa mendaftar melalui SMS dengan format “Nomor Rekam Medis (bintang) Klinik yang dituju atau Nama (bintang) Tanggal-Bulan-Tahun Lahir (bintang) Klinik yang dituju”, kemudian kirim ke 0811 262 555 2. Misalnya 123456*Kilnik Mata atau Anton*1-1-1970*Klinik Saraf kirim ke nomor tersebut. Setelah berhasil terdaftar, untuk pasien yang menggunakan jaminan baik BPJS maupun Jamkesda bisa langsung menuju ke klinik yang dituju dengan membawa persyaratan berupa rujukan maupun persyaratan lainnya.

Selain melalui SMS, masyarakat juga bisa mengakses melalui aplikasi android yang di download melalui Playstore dan cari aplikasi RSUD Batang. Untuk pasien lama bisa mendaftar langsung melalui sistem SMS dan juga aplikasi android tersebut, namun untuk pasien baru, maka harus menggunakan aplikasi android, karena nantiya diharuskan mengisi biodata pasien.

Dengan adanya pendaftaran pasien rawat jalan melalui SMS maupun aplikasi tersebut, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang harus mengantri sejak dini hari maupun berjam-jam hanya untuk mendapatkan nomor antrian lebih awal, apalagi mereka juga harus mengantri lagi saat berada di pendaftaran dan juga poli/klinik. Sedangkan untuk sistem yang baru ini, masyarakat hanya antri di poli/klinik yang dituju setelah mendaftar terlebih dahulu melalui SMS dan aplikasi yang ada.

Sistem pendaftaran online tersebut bisa diakses mulai pukul 00.00-08.00 WIB untuk kunjungan pada hari H, dan masyarakat bisa mendaftar untuk satu hari sebelum melakukan kunjungan, yakni mulai pukul 08.00-00.00 WIB. Misalnya saja pasien akan periksa ke Klinik Mata pada hari Sabtu, maka pasien bisa mendaftar pada hari Jumatnya. Hal ini untuk mempermudah agar masyarakat mendapat pelayanan mudah, cepat dan tidak perlu antri.

Direktur RSUD Kabupaten Batang dr Junaedi Wibawa, Msi.Med, Sp.PK, mengatakan jika pihaknya saat ini mulai berbenah dalam hal pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat Kabupaten Batang bisa dengan mudah mendapat pelayanan kesehatan, apalagi selama ini image masyarakat terhadap RSUD Batang kurang begitu puas dengan pelayanan, oleh karena itu rumah sakit ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

“Masih banyak terobosan yang akan kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, kami mencoba untuk lebih transparan terkait ketersediaan tempat tidur dan mempermudah pendaftaran pasien rawat jalan dengan SMS dan online,” tutur Junaedi.

Diharapkan dengan adanya hal seperti ini, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat dan tidak perlu mengantri lama di tempat pendaftaran, karena setelah pasien mendaftar melalui SMS maupun online, mereka tinggal menuju ke kasir untuk membayar biaya pendaftaran bagi pasien umum, sedangkan bagi pasien BPJS atau Jamkesda langsung ke klinik yang dituju. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang mengantri sejak dini hari atau bahkan menunggu berjam-jam.

“Kita harap nantinya semua pihak bisa bersama-sama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, apalagi rumah sakit ini merupakan milik pemerintah yang tentunya harus benar-benar melayani masyarakat dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Ke depan, direncanakan akan ada lagi terobosan lainnya yang berbasis elektronik, misalnya saja seperti resep elektronik maupun rekam medis pasien, sehingga dengan begitu bisa memperkecil resiko terjadinya kesalahan pemberian obat. Selain beberapa terobosan tersebut, kami juga kerjasama dengan universitas dan rumah sakit lain untuk ketersediaan dokter spesialis.

“Semua ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan di RSUD Batang dan mewujudkan pelayanan prima sesuai visi RSUD Batang menjadi rumah sakit pilihan utama, kebanggaan masyarakat dan pusat rujukan kesehatan di Kabupaten Batang dan sekitarnya,” tandas Junaedi. (Edo/McBatang)
Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial