Bupati Batang Meninjau Jalan Tembus Bawang - Banjarnegara

Bupati Batang Wihaji (no 2 dari kanan) dan Wakilnya Suyono (paling kanan) meninjau pembangunan jalan tembus antara Deles (Bawang Batang) – Bitingan (Banjarnegara) yang didampingi dari dinas terkait pada Rabu (9/7) (Iwan/McBatang)
Disela-sela Kesibukannya Bupati Batang Wihaji dan Wakilnya Suyono dalam kegiatannya, beliau berdua menyempatkan meninjau pembangunan jalan tembus antara Deles (Bawang Batang) – Bitingan (Banjarnegara) yang didamping dari dinas terkait pada rabu 9 juli 2017.

Bupati Batang Wihaji saat peninjauan jalan Deles Bitingan mengatakan kita ini meninjaau perencanaan untuk pembangunan jalan tahun 2017 yakni dana dari bantuan Provinsi Jawa Tengah. Kita melihat kesiapan kedepannya seperti apa, setelah kita turun ke lapangan ini sangat luar biasa apabila jalan tembus ini nanti jadi ini akan menjadi jalan tembus Bawang – Dieng Banjarnegara.

Beliau menyampaikan hal ini menurut masyarakat jalannya belum jadi aja sudah banyak yang melewati jalan tersebut, ini merupakan potensi yang sangat luar biasa, ini tinggal pemerintah daerah barangkali ada inovasi tertentu seperti dengan pengembangan potensi wisata melalui dinas terkait.

Dengan dibangunnya jalan tembus ini merupakan potensi yang sangat bagus untuk pengembangan pariwisata kedepan dan bisa dijadikan kawasan wisata. Pembangunan jalan tembus ini juga dapat mempermudah akses transportasi terutama hasil pertanian.

Adapun target pembangunan jalan tembus bawang Deles Bitingan sampai perbatasan dieng banjarnegara sepanjang kurang lebih 8 km ini diperkirakan selesai sampai bulan nopember 2017, pembangunan jalan ini baru 8 % yakni awal pembangunan dari mulai penataan-penataan agar matrial nanti bisa masuk dan bertahap sampai selesai.

Dengan dibangunya pembangunan jalan tersebut harapanya yakni selain akses transportasi juga sebagai akses pertanian dan akses wisata, setelah jalannya mulus ini bisa dimanfaatkan masyarakat batang maupun masyarakat darimana saja, semuanya bisa memanfaatkan jalan tersebut tandas Wihaji.

Kemudian karena ini ada potensi wisata saya berharap nanti ada kreatifitas dan inovasi baik dari masyarakat maupun dari pemerintah daerah yakni dari dinas pariwisata bagaimana pengembangan potensi wisata yang ada di wilayah khususnya dari Bawang sampai perbatasan Banjarnegara ujar Bupati Batang Wihaji.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Batang Ketut Mariadji mengatakan pembangunan jalan tembus Bawang –Banjarnegara ini sepanjang 8 kilometer ini yang dibangun dari dana Bantuan Provinsi sebesar Rp. 9, 4 milyar, adapun pembangunan jalan tersebut dimulai awal bulan juli dan diperkirakan selasai bulan nopember 2017.

Dengan dibangunya jalan tesebut harapannya nanti dapat menyingkat jarak tempuh dari batang ke dieng dan sebaliknya dan tidak perlu harus melaui jalan dari weleri maupun pekalongan, karena jalur barat juga kami buka lewat Gerlang dan ini kami buka jalur timur melaui bawang-banjarnegara ujar Ketut.

Bahwa ruas jalan Bawang Deles – Bitingan sampai perbatasan banjarnegara pembangunan jalannya menggunakan kontruksi LPB atau Lapis Pondasi Bawah dengan agregat sepeti batu kricak setebal 20 cm dan diratakan kemudian atasnya di cor beton setera K 250 yakni setebal 15 cm.

Kades Pranten Edi menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah atas dibangunya jalan tembus bawang-banjarnegara ini masyarakat sangat bangga sekali, dan harapannya transportasi jalan ini dapat membantu perekonomian masyarakat desa pranten dan sekitarnya, sehingga perekonomian masyarakat pranten dapat meningkat. (Iwan/McBatang)
Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis
Lihat Berita Foto dari Berita ini

Bagikan ke Jejaring Sosial