Menjaga Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja

Kepala Dinas Kesehatan dr. Hidayah Basbeth mengimbau untuk bisa menjaga kesehatan jiwa di tempat kerja dengan mengelola stres yang menyeimbangkan antara jiwa dan raga, tidak usah mengikuti pola kerja yang tidak bisa kita capai, bekerjalah sesuai kemampuan masing – masing di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Jalan Jend. Sudirman, Selasa (10/10).

Menyambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober, kali ini mengangkat tema Sehat di Tempat Kerja. dr. Hidayah Basbeth selaku Kepala Dinas Kesehatan menaruh perhatian lebih dengan memberikan sedikit tips, karena melihat fenomena banyaknya karyawan yang mengalami stres karena beban kerja yang berlebihan,  ditambah lagi kurang bisa mengatur/manajemen stres dengan baik.

“Sebagai manusia dewasa, kita banyak menghabiskan waktu baik jiwa dan raga berada di tempat kerja, maka buatlah tempat kerja tersebut menjadi senyaman mungkin agar jiwa dan raga tetap sehat,” ucap dr. Hidayah Basbeth saat ditemui di ruang kerjanya Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Jalan Jend. Sudirman, Selasa (10/10).

dr. Basbeth sapaan akrab beliau mengatakan, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, kita tidak perlu memaksakan diri sampai menghabiskan pikiran dan kesehatan. Kemudian paling tidak harus melakukan aktivitas fisik semacam olah raga ringan seperti peregangan setiap 4 jam sekali.

“Karyawan juga harus produktif yang membutuhkan pikiran, namun dengan beban kerja yang sesuai porsi diri, jadi walau sesibuk apapun harus pandai mengatur stres agar tidak stres betulan,” imbuhnya.

Yang namanya stres, lanjut beliau tidak mesti sakit gila,  tetapi sudah ada gangguan jiwa. Stres di sini artinya jika sudah terlalu terforsir pada satu kegiatan atau keinginan yang terkadang kita sulit mencapainya. Akhirnya menjadi sulit tidur, susah makan, mengisolir diri yang berarti tidak bisa bergaul dengan teman. Jika dibiarkan, stres itu akan mengakibatkan sakit jiwa, maka pengelolaan stres di kantor sangatlah penting.

“Di Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ini saya mengharapkan agar kita semua harus bisa mengelola stres dengan menyeimbangkan antara jiwa dan raga, tidak usah mengikuti pola kerja yang tidak bisa kita capai, bekerjalah sesuai kemampuan masing – masing,” pungkasnya. (Heri/MC) 

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial