Manfaatkan Aplikasi LAPOR Batang, Untuk Sampaikan Aduan Layanan Publik

Satu lagi kemudahan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Batang, yaitu Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Batang Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang baru saja dilaunching oleh Bupati Batang Wihaji. Melalui aplikasi ini masyarakat Kabupaten Batang dapat memanfaatkannya untuk menyampaikan semua aspirasi dan pengaduan pelayanan publik dengan lebih mudah dan cepat. Tujuan dibuatnya aplikasi ini supaya pengaduan dari manapun dan jenis apapun dapat disalurkan kepada penyelenggara publik yang berwenang.

Pernyataan tersebut diutarakan Asisten Administrasi Sekda Batang Ripyono ketika menyampaikan tata cara penggunaan aplikasi LAPOR Batang bertempat di Aula Kantor Bupati Batang, Senin (4/12).

“Tujuannya supaya penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat dengan cepat, tepat, tuntas dan berkoordinasi, penyelenggara memberikan akses kepada masyarakat dalam menyampaikan pengaduan pelayanan publik secara berkualitas,” tutur Ripyono.

Ripyono mengatakan aplikasi LAPOR dilengkapi dengan sistem pemantauan status pengaduan, sehingga apabila ada pengaduan yang tidak direspon maka dapat dilimpahkan pada Ombudsman sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

“Setelah dilaunchingnya aplikasi LAPOR Batang diharapkan ada partisipasi aktif dari masyarakat dalam menggunakan aplikasi pengaduan ini yang bermanfaat tidak hanya untuk kepentingan pribadi tapi juga pemerintah,” terangnya.

Ripyono menerangkan bagi masyarakat yang akan menggunakan aplikasi pengaduan online dapat disampaikan melalui website http://batangkab.go.id/lapor, twitter : #lapor, dapat diunduh melaui Play Store dan App Store dan sms dengan menuliskan batang spasi aduan kirim ke 1708.

“Dalam menyampaikan aduan tulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebutkan waktu dan tempat, uraikan pokok permasalahan secara jelas lengkap dan kronologis, lampirkan bukti pendukung bila ada,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Deputi Pelayanan Publik KemenPAN-RB Dwi Yoga Prabowo mengharapkan program ini supaya dilanjutkan.

“Saya harap seluruh masyarakat Batang membantu dengan mendukung aplikasi LAPOR Batang yang telah dilaunching dan berikan kepercayaan kepada Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Suyono,”tuturnya. (Heri/Arga/Mc Batang)
Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial