Unik, 238 Pejabat Diarak Sebelum Dilantik Dengan Menggunakan Pakaian Adat Jawa

Sebanyak 238 pejabat diarak menggunakan andong menuju lokasi pelantikan di Pantai Sigandu Batang, Senin (22/1).
Sebanyak 238 pejabat yang akan melaksanakan pelantikan diarak dengan menggunakan andong menuju lokasi pentikan. Dalam prosesi pelantikan juga pejabat baru diwajibkan melakukan prosesi siraman air dan bunga tujuh rupa oleh Bupati Batang Wihaji.

Arak - arakan pejabat cukup memacetkan jalan pantura karena mengambil start Pendopo Kantor Bupati dengan rute jalan pantura yaitu, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Sultan Agung menuju Pantai Sigandu Batang sebagai lokasi pelantikan Senin, 22/1.

Sekertaris Daerah Kabupaten Batang Nasikhin mengatakan, Kegiatan pelantikan ini sebagai bentuk untuk mendukung visit to Batang 2022 dengan tagline Heaven of Asia.

"kegiatan ini untuk mendukung tahun kunjungan wisata 2022, sehingga kegiatan kita kemas yang unik dengan menggunakan pakaian adat Jawa dengan kendaraan andong." Kata Nasikhin.

Untuk kendaraan andong sebanyak 33 yang ditumpangi oleh Bupati Batang Wihaji, Wakil Bupati Batang Suyono, Ketua DPRD Imam Teguh Raharjo, Sekda Batang Nasikin, dan pejabat eselon II,III,IV.

"Tidak menutup kemungkinan prosesi pelantikan pejabat akan menjadi agenda setiap ada pelantilan dengan momen yang berbeda." Kata Kabag Humas.

Adapaun pejabat yang di lantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Batang Wihaji, yaitu Pejabat tinggi pratama 10 orang, Administrator IIIA 25 orang, Administrator IIIB 24 orang, pengawas IVA 73 orang,pengawas IVB 25 orang, Jabatan fungsional tertentu 81 orang.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, pelantikan dalam jabatan struktural maupun fungsional merupakan amanah yang harus dijalankan dengan ikhlas dan penuh tangung jawab, adanya perubahan birokrasi ini kita tetap mengerjakan tugas kita sesuai yang tupoksi kita.

“Amanah yang tentunya harus dikerjakan dengan baik sesuai dengan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran), sesuai dengan perjanjian kinerja dan penandatanganan pakta integritas.” Kata Wihaji.

Ia juga mengatakan, Pelantikan pejabat merupakan yang kali pertama setelah menjabat 8 bulan memipin pemerintahan Kabupaen Batang, selama ini kami belajar sistem tata kelola pemerintahan yang menjadi kekuatan, sehingga membangun sistem yang baik perlu kita lakukan.

“Kami inginkan sangat sederhana yaitu, dari DPA yang saya berikan dapat dinaikkan terutama percepatan program utama yang ada pada visi misi Kabupaten Batang dapat terealisasi.”

Saya juga berharap lanjutnya, agar masing-masing OPD mencoba berinovasi dan berkreatifitas membuat pelayanan lebih sederhana, enjoy, dan enak dipandang. Hal ini agar masyarakat yang datang merasa nyaman mengurus perijinan.

“PR kita masih banyak baik itu pada pariwisata, pendapatan, pelayanan, pendidikan, ekonomi, kesehatan. Tentu ini menjadi alat ukur pembangunan kita dan juga harus ada kreatif dan inovatif seperti dikantor ada tempat untuk selfi dengan produk unggulanya.” Jelas Wihaji.

Dijelaskan juga oleh Wihaji, bahwa di tahun 2018 menjadi program prioritas kami untuk menciptakan 1000 wirausaha baru bagi masyarakat, yang akan bekerjasama dengan UNDIP untuk melatih masyarakat menjadi wirausaha baik di bidang pertanian, perdagangan dan lainya.

Adapun Pejabat yang di lantik untuk eselon II Kepala Dinas Lingkungan Hidup di jabat oleh Agus Riyadi jabatan lama Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik yang sekarang di duduki oleh Asri Hermawan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Perdagangan dan Aset Daerah semula oleh Asri Hermawan sekarang di Jabat oleh Bambang Suprianto yang dulu menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Perpustakaan dan Arsip di jabat oleh Rahmat Nurul Fadilah Jabatan lama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang sekarang dijabat oleh Ahmad Thofik jabatan lama Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan yang sekarang di Jabat oleh Sugiatmo jabatan lama Kepala Dinas Sosial. Kepala Dinas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Jabat oleh Wahyu Budi Santoso jabatan lama Kepala Dinas Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan dijabat oleh Murdiono jabatan lama Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang sekarang dijabat oleh dr. Muchlasin jabatan lama Kepala Perpustakaan dan arsip.

Untuk eselon III jabatan lama Camat Reban Supriyono jabatan baru Kepala Bagian Pemerintahan Setda, Jabatan lama Camat Kandeman Supardi jabatan baru Kepala Bagian Umum Setda Batang, Agus Jaelani Mursidi Jabatan Lama Sekertaris Dinas Kesehatan jabatan Baru Kepala Bagian Hukum Setda. Batang.

Tatang Sontani Jabatan lama Kepala Bidang Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial jabatan baru Kepala Bagian Pengendalian Barang dan Jasa.Ulul Azmi jabatan lama Kepala Bagian Pemerintahan jabatan baru Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah, Thohiri jabatan lama Kepala Bagian umum jabatan baru Kepala Bagian Admisntrasi Kesekertariatan DPRD. (Edo/Humas/McBatang)
Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis
Lihat Berita Foto dari Berita ini

Bagikan ke Jejaring Sosial