Penguatan Implementasi Kebijakan Germas pada Lintas Sektor

Sekda Nasikhin beserta seluruh peserta Pertemuan Koordinasi Penguatan Implementasi Kebijakan Lintas Sektor terkait Germas melakukan senam peregangan di Aula Dinkes Kabupaten Batang, Kamis (1/3).
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan sebuah gerakan secara nasional dan bukan program Dinas Kesehatan. Perlunya deteksi dini adalah untuk mengetahui dan menurunkan resiko penyakit yang tidak menular dalam tubuh kita. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Hidayah Basbeth saat melakukan Pertemuan Koordinasi Penguatan Implementasi Kebijakan Lintas Sektor terkait Germas di Aula Dinkes Kabupaten Batang, Kamis (1/3).
“Kami memohon peran serta dari CSR BPI dan PLN untuk membebaskan lingkungan masyarakat sekitarnya dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) serta dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak untuk menyukseskan program Germas,” tutur dr. Basbeth.
Sekda Nasikhin mengatakan nantinya akan ada surat edaran yang ditujukan kepada OPD dan ormas yang ada di Kabupaten Batang. Kesepakatan bersama ini segera diwujudkan melalui sekretariat supaya  masing masing OPD mengetahui tugas masing masing. Termasuk supaya mengetahui indikator dan IPM. 
“Tugas dari BKD juga harus memantau ketika ada kegiatan diwajibkan mengonsumsi snack buah. Bagi Dispermades harus pula menyampaikan kepada tiap-tiap desa untuk membiasakan mengonsumsi buah saat ada kegiatan di desa dan di Balai Kesehatan Daerah perlu ditambahkan fasilitas alat untuk menimbang berat badan, stik untuk cek gula darah, kolesterol dan pengukur lingkar perut,” jelas Sekda.
Sekda menambahkan di perusahaan swasta juga tidak kalah pentingnya untuk menggerakkan karyawannya supaya terbiasa mengonsumsi buah lokal dan membiasakan pola hidup sehat. Selain  itu penting sekali sosialisasi melalui khotbah Jum'at.
“Dibutuhkan aksi nyata dari semua komponen supaya pola hidup sehat sudah terbiasa dilakukan oleh masyarakat. Selanjutnya masing-masing OPD dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya terkait Germas dan akan dilakukan pelaporan tiap 3 bulan sekali kepada Dinkes. Tanamkan prinsip ABCDE yaitu Aktivitas fisik, Buah segar, Cek kesehatan secara rutin, Diberikan asi eksklusif dan Enyahkan asap rokok,” pungkas Sekda. (Heri/SAK/Mc Batang)

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis
Lihat Berita Foto dari Berita ini

Bagikan ke Jejaring Sosial