Pemkab Batang Laksanakan Aksi GERMAS Melalui OPD

Intensitas peningkatan penyakit tidak menular (PTM) kian terlihat nyata seperti stroke, jantung, kanker dan lain-lain. Hal tersebutlah yang mendasari munculnya Instruksi Presiden (Inpres) RI No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk direalisasikan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Nasikhin menyampaikan Inpres tersebut harus dilaksanakan di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu disampaikan kepada seluruh pimpinan OPD bertempat di Pekalongan, Rabu (14/5).

Dalam Inpres itu ada 6 hal pokok yang harus diwujudkan dalam keseharian hidup masyarakat Batang. “Intinya untuk mewujudkan GERMAS harus ada peningkatan aktivitas fisik, peningkatan hidup bersih dan sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi,” kata Nasikhin.

“Disamping itu seluruh OPD diharuskan melaksanakan peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, perbaikan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat,” terangnya.

Pelaksanaan GERMAS di masing- masing OPD harus jelas dan sesuai tugas pokok dan fungsinya. Sebagai contoh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) harus melakukan penyampaiaan informasi layanan masyarakat terkait pola hidup bersih dan sehat melalui sarana media website Pemerintah Kabupaten Batang, pemasangan pamflet dan pemutaran iklan layanan masyarakat (ILM) di radio Abirawa.

“Bupati Wihaji pernah meniliki ide rencana agar setiap 1 bulan sekali seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Batang berkumpul di Gor Sarengat melakukan aktivitas fisik untuk mewujudkan pola hidup sehat,” tambahnya.

GERMAS ini diharapkan tidak hanya sebagai program saja, namun menjadi aksi nyata Pemerintah Kabupaten Batang dalam mendukung pola hidup sehat. (Heri/McBatang)
Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial