Anda ingin liburan keluarga dengan asyik tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam ? Tentu saja bisa. Unit Taman Safari Indonesia Batang Dolphin Center atau sering juga dikenal dengan sebutan (BDC) bisa menjadi solusi nya. BDC ini terletak di dalam kawasan pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Tampak luar dari bangunan bagian depan adalah berbentuk kapal.

Batang Dolphin Center – Kabupaten Batang

Batang Dolphins Center (BDC) tidak hanya sebagai tempat wisata saja, tetapi juga sebagai penangkaran atau konservasi semua satwa yang ada di dalamnya.

Karena BDC masuk ke dalam unit Taman Safari Indonesia dan juga bekerjasama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam.

Batang Dolphins Center telah menangkarkan binatang lumba-lumba, binatang lama (sejenis unta asal Negara Amerika), binatang gnu (sejenis banteng), binatang  emmu (sejenis burung unta), dan satwa langka lain nya, bahkan beberapa satwa telah berhasil berkembang biak dan mempunyai anak.

Batang Dolphins center juga menawarkan rekreasi Unta tunggang dengan tarif Rp10.000 per orang dan untuk Kuda tunggang tarifnya pun sama. Selain itu pengunjung juga dapat berfoto dengan orang utan dan beberapa burung serta satwa liar lainnya.

Salah satu obyek wisata yang terdapat di kawasan ini adalah kolam lumba-lumba. Pertunjukkan lumba-lumba hanya dilakukan pada jam-jam tertentu dengan durasi kurang lebih 30 menit setiap pertunjukan. Jika pengunjung datang saat tidak ada pertunjukkan, pengunjung tetap dapat melihat lumba-lumba dari samping kolam yang terlihat seperti Aquarium besar.

Tidak hanya memukau penonton dengan atraksi lumba-lumba, tetapi BDC juga menampilkan atraksi binatang lain seperti burung, anjing,dan lain-lain.

Di sela-sela pertunjukkan, pemandu acara menyampaikan informasi yang dapat menambah pengetahuan tentang lumba-lumba dan beberapa binatang yang tampil saat pertunjukan . Pengunjung juga bisa foto bersama lumba-lumba setelah pertunjukan selesai.

Di bagian lain dari kawasan ini terdapat kebun binatang mini yang disebut Mini Safari. Seperti sebuah kebun binatang pada umumnya yang memiliki berbagai macam koleksi satwa. Dan juga pemandangan eksotis dengan hamparan pantai sigandu yang dilengkapi dengan gazebo agar pengunjung tetap nyaman.

Di tempat ini terdapat berbagai jenis binatang seperti macan tutul, beruang madu, zebra, waterbuck, lama, burung emu, burung unta, kudanil dan lain lain. Selain itu, juga terdapat arena bermain anak-anak, serta toko yang sudah di sediakan untuk berbelanja sovenir dan  oleh-oleh khas Batang.

DBC dilengkapi dengan sebuah restoran yang berada tepat di samping kolam lumba-lumba. Restoran ini menyajikan berbagai menu makanan dan minuman. Tidak hanya itu saja, di tempat ini pengunjung juga dapat merasakan sensasi menunggang unta dan berjalan-jalan di pinggir pantai. (Chacha / MC Batang)

Bagikan ke Jejaring Sosial