Rindu dengan makanan traditional yang sangat enak tapi juga murah ? tidak usah bingung lagi, karna makanan legendaris khas Kabupaten Batang Jawa Tengah bisa menghapus semua kerinduan anda. Ya, kue yang berbahan dasar tepung dan santan atau biasa di sebut dengan Kue Serabi asli dari desa Kalibeluk (Serabi kalibeluk) Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang ini bisa menjadi solusinya. Serabi Kalibeluk Warung Asem.

Serabi Kalibeluk yang sangat enak ini membuat lidah para penikmat jadi ketagihan. Konon katanya resep Serabi Kalibeluk ini tidak ada yang bisa menyaingi dan tidak bisa dibuat oleh sembarang orang kecuali keturunan dari Nyai Randinem (leluhur pembuat cikal bakal pembuat Serabi di Desa Kalibeluk)
Varian rasa Serabi Kalibeluk yang familiar hanya ada dua rasa, Rasa Original dan Rasa Gula jawa. Tapi seiring perkembangan jaman, banyak varian rasa yang dikembangkan oleh generasi muda di Desa Kalibeluk seperti rasa Strawberry, coklat, dan kelapa.Harga Serabi Kalibeluk bisa dibilang sangat terjangkau yakni Rp3.000,00
Dulu pembuat kue serabi hanya tiga orang. Tapi sekarang sudah ada belasan orang yang memproduksi kue Serabi Kalibeluk tersebut. Peningkatan ini terjadi sejak tahun 2008 karena banyaknya permintaan tinggi dari konsumen.
Kalibeluk merupakan sentra produksi kue Serabi yang cukup populer di Batang. Berbeda dengan daerah lainnya, serabi asal Kalibeluk berukuran besar-besar, berbentuk unik, dan memiliki rasa khas sehingga satu serabi bisa dikonsumsin untuk beberapa orang.
Serabi Kalibeluk paling cocok dinikmati bersama kopi hitam sebagai teman di penghujung senja yang bisa menimbulkan efek tenang dan memiliki kesan nostalgia dengan masalalu. Serabi ini juga bisa menjadi sasaran tepat untuk perut anda yang sedang keroncongan, karna serat serabi yang sangat tebal ini terbilang bisa mengenyangkan.
Peningkatan produsen serabi, diduga tidak lepas dari usaha ini yang dinilai masyarakat sekitar sangat menguntungkan. Apalagi selama ini, Kalibeluk sudah dikenal orang sebagai tempat produsen serabi yang cukup terkenal. Bahkan, serabi ini bisa dikatakan identik dengan Kabupaten Batang.
Jika anda ingin membeli dan menikmati Serabi Kalibeluk, caranya sangat mudah. Anda cukup pergi ke Pasar Warungasem, Karna di pinggiran pasar banyak penjual yang menjajakan Serabi dagangannya. Tapi jika anda penasaran dan ingin melihat cara pembuatanya, anda bisa langsung datang ke Desa Kalibeluk yang jaraknya hanya sekitar 2,5 Km dari pusat Kabupaten Batang. Jika anda bingung, anda juga bisa gunakan aplikasi Maps. (MC Batang Jateng/Chacha)


Bagikan ke Jejaring Sosial