Selain pantai Sigandu dan Ujung Negoro ternyata Batang masih menyimpan banyak lokasi wisata pantai yang kayaknya sayang banget deh kalau kamu lewatkan. Apa itu? Namanya adalah Pantai jodo. Yang merupakan destinasi wisata pantai yang berada di sebelah Timur kota Batang, lokasinya dekat dengan perbatasan antara kota Batang dan Kendal. Di pantai ini anda disuguhkan dengan panorama yang dapat memanjakan mata dan pikiran. Karna, hamparan laut yang sangat luas, yang berkolaborasi dengan pasir yang kecoklatan, lalu disandingkan dengan barisan pohon cemara yang sangat rindang membuat anda menikmati sensasi berbeda dari pantai biasanya. Ditambah lagi pemandangan dari sisi barat pantai tersebut, terdapat akses untuk menuju tebing yang dijadikan puncak gardu pandang dengan pemandangan rel kereta api aktif dan juga luasnya hamparan laut pantai jodo ini.

  

Pantai Jodo


            Sebutan lain dari Pantai jodo adalah pantai Buntu, tapi masyarakat biasanya menyebutnya dengan sebutan pantai Jodo. Yang menjadi ikon pantai jodo adalah tepat  di depan  pintu gerbang masuk utama kita akan melihat tugu bertuliskan Pantai Jodo dipinggir pantai. Hamparan pasir pantai yang halus berwarna coklat cerah akan menambah kesan cantik pantai jodo ini, selain itu banyaknya pohon-pohon cemara yang tumbuh dipinggir pantai akan membuat nyaman suasana saat berkunjung kesini. Nah nggak cukup sampai disitu, disisi lain pantai jodo ada sebuah rel kereta api yang membentang persis berada di dekat bibir pantai. Sudah pasti akan membuat kesan indah dan dijamin membuat betah.

 

Pantai jodoh ini berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Untuk menuju kesini bukanlah perkara yang susah kok. Dari arah Batang menuju  perbatasan kota Kendal lalu di kanan jalan terdapat pom bensin Plelen, selanjutnya  10 M ke arah timur terdapat gang yang mengarahkan anda menuju wisata pantai jodo, terdapat banyak petunjuk yang mengarahkan anda agar sampai ke tempat tujuan

 

Mitos

 

            Menurut Mitos  yang berkembang di masyarakat, Konon wisatawan yang foto bertiga dengan laki-laki di tengah dan dua perepuan yang mengapit di sampingnya, maka kemungkinan ada di antara mereka yang berjodoh. Tak berbeda dengan seorang yang melakukan swafoto seorang diri, selepas dari wisata pantai jodo tersebut akan mendapatkan jodohnya dalam waktu dekat.  Begitu pula dengan sesama jenis yang berfoto di lokasi pantai tersebut, maka pertemanan atau persahabatan mereka akan kekal.


Tiket Masuk

 

Untuk masalah biaya objek wisata pantai Jodo ini masih tergolong sangat murah, karena hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp.3.000/ orang, dan biaya parkir sepeda motor Rp.2000/ unit, kita bisa bebas menikmati keindahan pantai jodo sepuasnya. Sangat terjangkau  bukan?


Fasilitas

 

Wisata Pantai Jodoh di Batang Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan yang sangat banyak. di antaranya terdapat bangku yang disediakan untuk bersantai di pinggir pantai, Hammock (ayunan yang terbuat dari kain), spot swafoto, gazebo, toilet bersih, mushola, arena bermain anak, dan lain sebagainya.

Bagi anda penikmat kuliner, anda tidak usah khawatir. Di sepanjang pinggiran Pantai Jodo ini terdapat beberapa warung yang didirikan oleh warga untuk mengatasi pada perut yang Keroncongan dengan menu tradisional seperti pecel, megono, soto tauto, rujak, dan makanan khas lainnya. Dan disana anda dapat menikmati beberapa aneka minuman sebagai pelepas dahaga anda seperti aneka kopi, minuman soda, bahkan es Kelapa Muda atau minuman yang biasa di sapa es Degan juga bisa anda nikmati dengan harga yang sangat merakyat.

Untuk Oleh-oleh, anda juga tidak usah khawatir. Karna banyak kios yang menjual buah tangan khas pantai seperti aneka olahan ikan dan hewan laut, pernak-pernik dari kerang, kerupuk rambak, aneka jajanan tradisional yang pastinya semuanya menjadi khas dan kebanggaan Kabupaten Batang.

Jika anda ingin bermain dekat dengan air, anda bisa menyewa kapal yang sudah tersedia untuk berkeliling melihat pemandangan ke tengah laut harga yang di tawarkan juga cukup murah, hanya merogoh kocek mulai dari Rp15.000,00 anda sudah bisa merasakan sensasi pemandangan tengah laut. Atau jika anda pecinta olahraga, disana juga menyediakan perahu dayung lengkap dengan pendamping yang bisamengajak anda untuk bersantai menyusuri pinggiran laut Pantai Jodo.

Sampai saat ini objek wisata pantai jodo ini selalu jadi buruan para wisatawan dan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda. Seperti halnya di tempat-tempat lain disini juga akan ramai disaat hari libur, seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. terutama pagi dan sore hari. Selain digunakan sebagi hiburan disini kerap dijadikan area outbond dan acara-acara lain. Tak jarang bagi para laki-laki yang gemar berolahraga voli dan sepak bola kerap bermain di pinggir pantai.

Jika ingin datang kesini disiang hari seperti saya jangan lupa bawa jaket ya. Yang tak kalah penting adalah periksa keadaan kondisi mesin kendaraan anda yang ingin anda gunakan. Dan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri silahkan buang sampah pada tempatnya. MC Batang Jateng/Chacha

Bagikan ke Jejaring Sosial