Kalau membicarakan soal makanan, Kabupaten Batang memang memiliki potensi yang besar di bidang kuliner. Beberaapa makanan khas Batang seperti Opak, Keripik kecimpring, Serabi Kalibeluk, dan lain-lain sudah menjadi icon bahwa Kabupaten Batang memang Unggul di bidang Kuliner. Dengan mengusung slogan Heaven Of Asia (Surga nya Asia) Batang memang sedang mengangkat keunggulan-keunggulan yang ada di Kabupaten Batang salah satunya di bidang Kuliner. Dan kali ini ada salah satu makanan tradisional yang membuat anda bernostalgia dengan masalalu. Kira-kira apa ya? Yuk kita simak…

Kuliner Tradisional khas Bawang

            Di Kecamatan Bawang Kabupaten Batang memiliki makanan Trasional yang membuat penikmatnya seperti berada di era tahun 90an. Makanan yang terbuat Singkong dengan pengolahan ditumbuk sehingga halus dan kenyal ini akrab disapa Getuk Gaplek.  Getuk gaplek khas kecamatan Bawang memiliki bentuk yang tidak sama dari biasanya, kalau  biasanya bentuk dari getuk itu adalah kotak, getuk gaplek ini memiliki bentuk bulat pipih dengan lebar berdiameter 25cm dan ketebalan 4cm. dengan serat yang begitu padat Getuk Gaplek ini acap kali di jadikan makanan penunda lapar atau makanan pengganti makan malam.

            Getuk Gaplek khas Bawang ini memiliki dua varian rasa, yaitu rasa Original dan Rasa Gula merah. Harga yang di tawarkan juga sangat murah, yaitu mulai dari Rp3.000,00 hingga Rp7.000,00 /pcs. Biasanya getuk gaplek ini di pesan untuk disuguhkan dalam acara-acara khusus seperti pernikahan, hajatan, acara keluarga,arisan, dan lain-lain.

            Rupanya, penggemar makanan melegenda khas Bawang ini juga sudah banyak, karna masyarakat dari  Kabupaten Banjar Negara, Kabupaten Wobosobo, dan banyak dari kota-kota lain rela pergi jauh-jauh ke Bawang hanya untuk membeli makanan tradisional Getuk Gaplek ini.

            Paling enak  menyantap getuk gaplek ini saat pagi atau sore hari dengan ditemani kopi hitam khas Kabupaten Batang seperti kopi dari desa tombo Tombo atau kopi dari Kecamatan Limpung atau di lumuri parutan kelapa atau santan sambil bersantai bersama teman,kerabat,saudara,keluarga, atau orang tercinta. Ditambah lagi jika anda menikmati getuk gaplek ini di Kabupaten Bawang dengan udara yang sangat sejuk, wah seperti nya membuat anda tidak ingin pulang. 

            Getuk gaplek ini tahan hingga 7 hari tanpa pengawet buatan. Makanan ini juga bisa di santap langsung atau dengan cara di goreng terlebih dahulu. Dua cara ini terbilang favorit karna biasa dilakukan penikmatnya tanpa merubah rasa asli dari getuk gaplek ini.

Penjual Getuk gaplek ini terbilang cukup banyak di sekitar pasar Bawang, tapi Produsen Makanan tradisional ini hanya bisa anda temukan di Kecamatan Bawang dan satu-satunyaa di Kabupaten Batang. Jika anda ingin menjumpai produsen Getuk gaplek ini, anda bisa bertanya pada penjual yang ada di sekitar pasar Bawang ini.

Rasanya yang begitu legit ditambah lagi ada kesan nostalgia di setiap gigitannyaa menjadikan penikmatnya merasa ketagihan dan rindu terhadap makanan tradisional ini.

Bagaimana,apakah anda tertarik untuk menyantap makanan tradisonal khas Kecamatan Bawang Kabupaten Batang ini ? untuk anda yang belum pernah mencicipi atau mencoba makanan ini, jangan tunggu lama lagi. Ayo segera kunjungi Pasar bawang atau pedagang yang neyediakan getuk gaplek di sekitar anda. Dan jangan lupa promosikan dan kenalkan makanan khas Batang ini pada teman yang berada di luar kota atau yang di luar negeri ya ?  harus bangga dengan produk lokal Kabupaten Batang. MC Batang Jateng/Chacha.


Bagikan ke Jejaring Sosial