Siapa yang kalau makan suka pakai kerupuk ? bahkan, gak mau makan kalau tidak ada kerupuk sebagai pelengkap sajian makanannya ? waaah buat pecinta kerupuk, sekarang sudah tidak perlu kuatir lagi karna Kabupaten Batang memiliki kerupuk rambak yang sangat enak.

Rambak kulit sapi

            Kerupuk kulit yang dibeberapa daerah menyebutnya rambak atau ada juga yang menyebut nya dengan sapaan jangek adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari, kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dihidangkan.

            Kerupuk rambak merupakan salah satu jenis kerupuk yang sudah lama dikenal masyarakat sebagai jenis kerupuk yang bercita rasa sangat lezat. Kerupuk rambak sering kali menjadi teman untuk makan nasi, bakso, soto, mie ayam, serta junis makanan lainnya. Penggemar kerupuk rambak ini juga sangat banyak, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Penyebab banyak di sukainya kerupuk rambak ini karena ras dari kerupuk rambak sanagat gurih, teksturnya juga sangat renyah.

            Kerupuk rambak dari kulit sapi atau kerbau ini terkenal agak mahal, karna bahan bakunya yang sulit didapat dan pembuatannya yang sangat rumit. Tapi jika anda ingin menikmati jajanan kerupuk rambak ini tidaklah sulit karna banyak penjual yang menjajakan kerupuk rambak sebagai pelengkap makanan anda ataupun sebagai oleh-oleh.

            Biarpun sedikit mahal, Harga kerupuk rambak ini juga terbilang cukup terjangkau. Yaitu kisaran harga Rp80.000,00 hingga Rp150.000,00/Kg baik yang masih mentah ataupun yang sudah dimasak menjadi kerupuk.

            Jika anda ingin melihat proses pembuatan kerupuk rambak ini, anda bisa berjumpa langsung dengan produsen kerupuk rambak. Produsen kerupuk rambak sapi ini bisa anda jumpai di Desa Sijono Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang tempatnya sekitar 10 km dari pusat alun-alun Batang. Anda bisa melihat mulai dari proses penyamakan kulit sapi atau kerbau, penyucian, penjemuran, pemasakan, hingga pengemasan.

            Kerupuk Rambak Kulit ini sudah banyak dijual di beberapa pasar tradisional yang tersebar di Kabupaten Batang, ruko-ruko di tempat wisata, dan beberapa toko oleh-oleh di sepanjang Jalan pantura Batang serta rest area yang ada di Kabupaten Batang.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencicipi dan menjadikan kerupuk rambak sebagai oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, dan orang terkasih ? jika anda mampir atau sekedar melintasi Kabupaten Batang-Jawa Tengah anda wajib untuk membeli kerupuk rambak khas Kabupaten Batang karna citarasanya yang unik dan membuat anda ketagihan ini akan menimbulkan kesan rindu pada Kabtupaten Batang. MC Batang Jateng/Chacha. 

Bagikan ke Jejaring Sosial