Pendaftaran Calon Peserta1000 Pemuda Desa Berwirausaha

Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) membuka pendaftaran bagi Calon 1000 Pemuda Desa Berwirausaha secara onlinemelalui alamat websitewirausahabatangkab.go.idmaupun datang langsung ke kantor DPMPTSP dan Nakermulai tanggal12-23 Maret 2018.

“Selanjutnya dilakukan proses seleksi dari 26-29 Maret dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 3 April 2018,” kata Budi Setyaningsih selaku Kasi Pelatihan Kerja dan Produktivitas pada DPMPTSP dan Naker di ruang kerjanya, Selasa (13/3).

Dirinya menerangkan, sejauh ini para peserta yang sudah mendaftar cukup banyak, terbukti pada hari pertama ada 30-an lebih pendaftar yang tertarik menjadi calon wirausaha muda.Persyaratannya sangat mudah cukup membawa foto copyKTP dan pasfoto Berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar serta berusia antara 18 sampai 40 tahun.

“Persyaratan utamanya adalah program ini khusus bagi masyarakat Kabupaten Batangsaja,” tegasnya.

Menurutnya, modal utama yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha muda yaitu memiliki motivasi yang kuat dari diri sendiri untuk menjadi wirausaha. Kami akan memprioritaskan bagi mereka yang mempunyai semangat tersebut, baik yang memulai dari nol maupun telah memiliki usaha.

“Jenis usahanya bermacam-macam antara lain bidang umum yaitu tata boga, membentuk, meubelair, kerajinan. Bidang teknisi seperti perbengkelan, teknisi komputer, operator komputer, juga bidang pertanian, perikanan dan kelautan serta masih banyak lagi,” jelasnya.

Dia berpesan agar masyarakat dapat berperan aktif mengikuti kegiatan ini dengan niat yang baik. “Kami akan memberikan pendampingan termasuk permodalan, cara pemasaran sampai berhasil dan mandiri,” pungkasnya.

Menurut Fendi warga Desa Bawang dirinya mengikuti program 1000 Pemuda Desa Berwirausaha supaya mengetahui teknik pembibitan lele sehingga tidak perlu membeli bibit di luar.

“Di rumah saya sudah mempunyai peternakan ikan nila untuk konsumsi di rumah makan, tetapi juga menginginkan supaya menambah keahlian dan keuntungan dengan mengetahui teknik pembibitan lele sehingga keuntungan yang didapat semakin berlipat,” ucapnya.

Dirinya mengajak kepada semua pemuda di Kabupaten Batang agar beramai-ramai mendaftar sebagai Calon Peserta 1000 Pemuda Desa Berwirausaha, sehingga bisa menjadi pengusaha sukses yang mandiri.

“Lebih nyaman menjadi bos di perusahaan sendiri karena bisa mengatur segala sesuatunya sesuai dengan kehendak sendiri,” tegasnya. (Heri/Mc Batang)

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial