BPS Batang Sosialisasikan Pendataan Potensi Desa 2018

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang mulai melakukan Sosialisasi Pendataan Potensi Desa, Survei Pertanian Antar Sensus dan Survei Investasi Tahun 2018, supaya saat melakukan survei di lapangan dapat lebih diterima oleh masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Tina Wahyu Fitri Kepala BPS Batang saat diwawancarai usai menjadi narasumber pada acara “Dialog Bersama OPD” yang disiarkan langsung melalui LPPL Abirawa Fm Batang, Kamis (12/4).

“Pelaksanaan survei tersebut dilaksanakan sejak bulan April hingga Juni, tujuannya agar ketika kami terjun ke lapangan, masyarakat sudah siap memberikan data informasi yang berkualitas valid kepada BPS,” terang Tina.

Ketika data yang diberikan lanjutnya, oleh masyarakat benar-benar berkualitas lalu kami olah dan dapat digunakan Kementerian dan Lembaga. Hal itu bisa mencerminkan kondisi nyata yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Tina memaparkan tujuan survei potensi desa di antaranya menghasilkan data ekonomi dan sarana prasarana wilayah, menghasilkan data klasifikasi desa, sumber data pemutakhiran peta wilayah kerja statistik.

“Hasilnya akan digunakan sebagai bahan analisis kewilayahan, evaluasi program yang telah dibuat kementerian atau lembaga dan penyusunan kebijakan berbasis kewilayahan, “ terangnya.

Lebih lanjut Tina menerangkan, pendataan untuk potensi desa ada beberapa hal yang akan ditanyakan kepada responden Perangkat Desa) yaitu tentang infrastruktur di desa tersebut, kejadian bencana alam yang mungkin pernah terjadi selama kurun waktu tertentu, adakah potensi wisata yang bisa diangkat menjadi destinasi pariwisata di tingkat regional maupun nasional dan kekuatan ekonomi yang menonjol di suatu desa.

Untuk cakupan survei kegiatan usaha pertanian meliputi budidaya tanaman padi/palawija, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan dan kehutanan, peternakan, perikanan.

“Sedangkan survei investasi yang akan diperoleh cakupannya adalah investasi total yang ada dan hasilnya akan lebih mempertajam data laju perekonomian di Kabupaten Batang  mencapai tingkat nasional,” pungkasnya. (Heri/Mc Batang)

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial