Kurangi Angka Pengangguran, NU Batang Gelar Job Fair

Batang - Memfasilitasi masyarakat pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya, Organisasi Nadhlatul Ulama bekerjasama dengan pemerintah daerah, dan Kementrian Tenaga Kerja RI membuka bursa kerja atau Job Fair di Pondok Pesantren Darul Ulum Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Rabu (11/7).

Jobfair kali ini diikuti oleh 44 perusahaan mulai dari perushanaan swasta hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan diharapkan mampu menyerap tenaga kerja hingga 2.200 orang. 

Bupati Batang Wihaji yang berkesempatan membuka acara jobfair mengatakan, Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban untuk menurunkan angka pengangguran yang ada di Kabupaten Batang, untuk itu selaku kepala daerah mengucapkan terimakasih kepada NU karena telah ikut berperan dalam menurunkan angka pengangguran. Kebetulan ini menjadi bagian dari visi misi Pemerintah Daerah bagaimana membantu penggaguran untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidannya lewat jobfair. 

"Harapanya panitia penyelenggara jobfair dapat berjalan secara objektif untuk menepis anggapan di masyarakat bahwa mendapatkan pekerjaan harus lewat jalur tertentu, pendaftaran secara onlain dan transparan inilah yang mamupu menepis anggapan ini," ucap  Bupati Batang, Wihaji. 

Bupati Batang juga menjelaskan bahwa sebagai organisasi tertua, NU berkewajiban untuk merawat, melestarikan tradisi warisan dari leluhur, tetapi jangan melupakan tanggung jawab untuk tetap meningkatkan taraf hidup karena sekarang jaman sudah berubah. 

"Pemerintah Darah juga telah melakukan berbagai macam pelatihan secara komprehensif, bagaimana nantinya para pelaku usaha dan penjual hasil usaha saling mendapatkan keuntungan, jangan sampai barangnnya yang di jual ada tetapi marketnya atau pasarnya tidak ada," ucap Bupati Batang, Wihaji. 

Harapannya lanjut Bupati Batang, acara jobfair seperti ini dapat dilaksanakan 3 kali dalam setahun, karena inilah yang di tunggu - tunggu oleh para pencari kerja.

Ketua pelaksana Jobfair Munir Malik mengatakan, jobfair ini dapat terselenggara berkat kerjasama antara PC NU, Kementrian Tenagakerja dan pemerintah daerah dalam menyediakan wadah bagi para pencari kerja. Selaku warga NU dan warga Batang kami juga berkewajiban untuk ikut mendukung serta menyukseskan program pemerintah dalam menurunkan angka pengguran di kabupaten Batang 

"Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam memberikan informasi kepada masyarakat yang sedang mencari pekerjaan serta memberikan kesempatan kepada perushaan untuk merekrut tenaga kerja sesuai dengan bidang keahlian dan kebutuhan" jelasnya. (MC Batang, Jateng/SAK/Ilham).

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial