73 Tahun Indonesia Merdeka, Puluhan Ormas Tunjukkan Persatuan dengan Ikuti Lomba PBB

Batang - Puluhan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) mengikuti lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) dalam rangka memeriahkan HUT RI KE 73 tingkat Kabupaten Batang yang telah berlangsung di Jalan Veteran Batang, Kamis (9/8).

Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav. Henry Rudi J.  Napitupulu, selaku penyelenggara menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk memupuk semangat nasionalisme antar anggota Ormas.

“Lomba PBB ini menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat, mempersatukan seluruh Ormas walaupun ada perbedaan, tetapi tetap satu kebersamaan, dan untuk menciptakan disiplin serta semangat nasionalisme bagi seluruh ormas,” jelas Dandim Napitupulu.

Dandim menambahkan, tentunya saya dan prajurit di dalam mendukung kebijakan Pemerintah Daerah yaitu Bupati Batang Wihaji tidak bisa sendirian ,melainkan bersama Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan komponen masyarakat yang lainya termasuk Ormas yang ada di Kabupaten Batang,” imbuh Dandim.

Wakil Bupati Batang Suyono yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, Ormas merupakan aset bangsa yang akan menjaga kedaulatan NKRI bersama TNI Polri, sehingga keberadaannya harus bisa menyatu dan bersama mendukung program Pemerintah untuk menciptakan kondusifitas wilayah.

“Ormas juga memiliki peran bersama TNI Polri untuk antisipasi adanya gerakan yang akan memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Wakil Bupati Suyono.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan, Polri dan TNI tidak mampu bergerak tanpa adanya dukungan dari masyarakat, sehingga dukungan dari setiap elemen masyarakat di Kabupaten Batang mutlak diperlukan.

“Bupati, Kodim 0736 dan Polres Batang adalah milik masyarakat Batang dan walaupun seragam kita berbeda tapi kita saling memberikan masukan untuk kemajuan Kabupaten Batang,” jelasnya

Kegiatan lomba PBB diikuti dari Front Pembela Islam (FPI), Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam). 

Setelah dilaksanakan perlombaan, dewan juri memutuskan peserta yang berhak mendapatkan piagam penghargaan serta uang pembinaan.

Jurara I diraih Satkoryon Banser Bawang, juara II Satkoryon Banser Limpung, juara III Satkoryon Banser Tulis. Sedangkan  juara harapan I Satkoryon Banser Warungasem, juara harapan II Kokam Muhammadiyah Gringsing, juara harapan III FPI Batang. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial