Zona Mainan Anak Akan Direlokasi, Warga Berharap Lebih Rapi

Batang - Selama ini Alun-alun Kabupaten Batang menjadi wahana hiburan bagi masyarakat melepas penat setelah seharian beraktivitas. Namun, lambat laun dengan suasana yang terlalu padat, membuat Pemerintah Kabupaten Batang berencana merelokasi pedagang maupun mainan anak-anak ke tempat yang lebih nyaman.

Zona mainan anak-anak yang selama ini berada di Alun-alun pun tak luput untuk ikut dipindahkan ke area Jalan Ahmad Dahlan, disebabkan faktor kepadatan yang sudah tak terbendung lagi.

Terkait rencana Pemerintah Kabupaten Batang yang akan merelokasi para pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di sekitaran Alun-alun, Jalan Veteran, Jalan Diponegoro dan  Jalan A. Yani ke Jalan Ahmad Dahlan, juga menuai berbagai tanggapan yang beragam dari masyarakat yang hampir tiap malam menhabiskan waktunya untuk mencari hiburan yang murah-meriah di Alun-alun.

Dila salah seorang pengunjung saat menemani putrinya bermain di Alun-alun Kabupaten Batang, Sabtu (5/1/2019) malam menyetujui rencana Pemkab Batang itu, asalkan disediakan tempat bagi para pedagang makanan maupun mainan anak-anak yang jauh lebih tertata rapi dari sebelumnya.

“Ya saya setuju kalau tempatnya diatur jadi rapi, yang penting anak-anak bisa bermain dengan aman dan nyaman, bebas dari gangguan lalu lintas,” tuturnya.

Ia mengharapkan, supaya saat dipindahkan nanti, tempat dan suasananya sudah bersih dan rapi. Dan karena akan dijadikan tempat hiburan masyarakat, maka harus dilengkapi dengan lampu-lampu yang lebih terang.

“Jadi kesan meriahnya akan kelihatan mas, kalau sudah begitu pasti banyak warga yang datang,” ungkapnya.

Erna yang juga mengantarkan anaknya bermain di Alun-alun pun ikut berkomentar. Menurutnya, suasana di Jalan Ahmad Dahlan sedikit lebih sepi dibandingkan jika zona mainan anak-anak di tempatkan di Alun-alun. 

“Saya rasa kalau tempat hiburannya dipindah ke Jalan Ahmad Dahlan kurang pas, karena ada tempat pembuangan sampah. Kalaupun mau dipindah ya harus dirapikan dulu,” katanya.

Sementara itu, Sugeng pemilik mainan patung tiga dimensi yang setiap malamnya selalu ramai dengan pengunjung mengatakan, sepanjang tempat yang digunakan memadai dan layak untuk bermain anak-anak, jelas tidak masalah. 

“Silakan saja kalau zona mainan anak-anak mau dipimdahkan ke Jalan Ahmad Dahlan, asal Pemkab benar-benar memilihkan tempat yang tidak berdekatan dengan jalan raya,” terangnya.

Selama ini, lanjutnya, yang kita ketahui di Jalan Ahmad Dahlan, ada beberapa pengendara sepeda motor yang kebut-kebutan, sehingga jika tidak dipilihkan tempat yang aman, ditakutkan dapat membahayakan anak-anak saat bermain. 

Sugeng menyarankan, apabila jadi dipindahkan harus ditata dengan rapi dan diberikan lampu yang terang. Pemkab pun harus menyiagakan Satuan Polisi Pamong Praja (Sarpol PP) agar membantu tata letak pedagang dengan zona mainan anak yang terpisah.

“Sering kali pedagang-pedagang di sini kan, minta supaya lapaknya di depan semua, dengan tujuan agar dagangan mereka bisa laku terjual. Kalau ada yang ditempatkan di pojok, takutnya tidak laku dan akhirnya merugi,” tegasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial