Sekolah Luar Biasa Untuk Ribuan Penyandang Disabilitas

Batang - Upaya Pemerintah Kabupaten Batang untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), mendapat dukungan dari DPRD Kabupaten Batang. Karena dengan meningkatnya IPM harapan hidup warga Kabupaten Batang akan meningkat tingkat kemakmurannya.

"Tapi semua terkendala oleh keterbatasan anggaran. Kalau anggarannya ada akan kita gelontorkan sebanyak-banyaknya," kata anggota DPRD Thofik Hazanudin Focus Group Discussion Upaya Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Batang di Aula Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Batang, Selasa (8/1/2019).

Ia juga mengatakan bahwa ada aspirasi dari minoritas masyarakat disabilitas, di samping sudah terbatas secara fisik mereka juga dalam mengenyam pendidikan sangat terbatas. 

"Saya sangat kasihan dengan kaum disabilitas yang ada di Kabupaten Batang pendidikan sekolah hanya ada di Kabupaten Batang, padahal jumlahnya hampir 1.000 orang," ujarnya.

Padahal dari jumlah 1.000 jiwa tersebar di wilayah Kabupaten Batang di katakan Thofik Hasanudin, mereka ke Batang dengan serba keterbatasannya secara fisik dan ekonominya. 

"Oleh karena itu, saya minta wilayah timur Batang tepatnya di Limpung bisa berdiri sekolah luar biasa atau sekolah disabilitas, untuk meng-cover disabilitas dari Bawang, Gringsing, Tersono, Banyuputih, Reban dan Subah," pintanya.

Menurut Thofik Hazanudin, dengan jumlah 1.000 orang akan dapat mempengaruhi IPM kalau kita tidak menyuarakan minoritas dan mereka sangat membutuhkan pendidikan agar bisa hidup secara mandiri. 

"Ada banyak sekolah yang siswanya sedikit, itu bisa dimanfaatkan, sehingga gedungnya bisa dipakai untuk sekolah luar biasa untuk disabilitas," lanjutnya.

Kami sering ketemu dengan sahabat disabilitas lanjutnya, mereka sangat menginginkan pendidikan, karena rata - rata mereka tidak mengenyam pendidikan. (Humas Batang, Jateng/Edo)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial