Bazar Buku Terjangkau Tarik Minat Pelajar

Batang - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Kabupaten Batang, menggandeng Netral Event Organizer membuka kesempatan bagi pecinta dunia buku dengan menggelar Bazar Buku sejak 8-16 Januari di Gedung Wanita Kabupaten Batang, Kamis (10/1/2019).

Kepala Disperpuska Kabupaten Batang, Rahmat Nurul Fadhilah mengutarakan, kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberikan kesempatan kepada pelajar dan masyarakat umum, supaya dapat memperoleh sumber referensi buku dengan harga yang teejangkau. 

“Hal ini tentu dapat menarik minat pelajar untuk lebih mencintai dunia baca, sehingga meningkatkan literasi masyarakat Batang,” katanya.

Rahmat mengatakan, harga rata-rata buku yang dijual masih dapat dikategorikan terjangkau untuk kalangan pelajar yaitu antara Rp10.000,00 hingga Rp20.000,00. 

“Harganya murah sekali, cukup membawa Rp200.000,- sudah bisa membawa pulang 10 buku terbitan ternama,” terangnya.

Menurut Rahmat, negara maju tidak bisa melepaskan diri dari minat warganya untuk membaca. 

“Maka, jika generasi muda dan masyarakat Kabupaten Batang ingin maju, ayo gemar membaca, karena membaca adalah jendela dunia. Kita bisa mengetahui segala sesuatu di dunia ini dengan membaca,” pungkas Kepala Disperpuska Rahmat Nurul Fadhilah.

Guru SDN Denasri Wetan 3, Ida saat mengantar peserta didiknya mengunjungi bazar buku mengatakan, sejak awal anak-anak sudah suka membaca, ditambah harga buku yang terjangkau banyak yang membeli buku kegemaran mereka.

“Dengan uang saku yang mereka bawa, bisa membeli buku yang diinginkan. Itu membuktikan bahwa harga buku yang ada di bazar buku ini murah meriah, namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, penyelenggaraan bazar buku ini sudah bagus, dari segi harga juga tidak terlalu tinggi bagi siswa SD. Terutama bagi siswa yang setiap harinya hanya membawa uang saku yang tidak terlalu banyak, tetapi dapat membeli buku, untuk menambah referensi bacaan.

“Kalau bisa ya sering-seringlah mengadakan acara semacam ini, agar anak semakin termotivasi rajin membaca untuk menambah pengetahuan baik buku pelajaran maupun pengetahuan umum,” pintanya.

Pemilik toko buku Bandar Edukasi Semarang, Iin menuturkan, buku-buku yang dijual antara lain : buku berhitung, mewarnai, pengobatan herbal, dan mainan edukatif. 

“Harga untuk buku mewarnai seharga Rp10.000,00/tiga buah, poster Rp10.000,00/lima buah, puzzle kertas Rp15.000,00/dua buah+buku cerita, buku cerita dua bahasa (Indonesia dan Inggris) Rp10.000,00,” paparnya.

Iin mengharapkan, bazar buku kali ini bisa berdampak baik bagi perkembangan para penerbit buku dan penikmat buku, sehingga meskipun dunia semakin canggih dengan kemjuan teknologi, tetapi buku tidak akan ditinggalkan pecintanya.

“Membaca adalah jendela dunia, jadi beli dan bacalah buku dari penerbit asli,” tegasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial